Senin 15 Jun 2015 16:31 WIB

Hujan Salu Melanca Kawasan Gurun Alice Springs

Red:
Lapisan es menutupi jalan Greatorex Road di Alice Springs.
Foto: David Batty
Lapisan es menutupi jalan Greatorex Road di Alice Springs.

REPUBLIKA.CO.ID, ALICE SPRINGS -- Hujan salju yang menghantam Australia Tengah selama beberapa hari terakhir telah membuat Uluru dan daerah sekitarnya menjadi diselimuti salju. Fenomena alam ini merupakan sesuatu yang sangat jarang terjadi.

Lapisan es menyelimuti kawasan di sekitar Alice Springs hari Sabtu (13/6) sore lalu, dengan warga kemudian berhenti di pinggir jalan untuk mengabadikan kejadian langka tersebut.

Petugas dari Biro Meteorology Angeline Prasad menggambarkan peristiwa ini sebagai 'hal yang tidak biasa'. "Hujan es bisa terjadi kapan saja, namun biasanya lebih sering terjadi di musim semi atau musim panas.'

Prasad mengatakan hujan es ini terjadi di saat temperatur udara di darat sekitar 24 derajat selcius. "Semua badai biasanya berisi butiran es. Namun biasanya butiran itu mencair, dan bila suhu di darat hangat, butiran itu menjadi air, " ujarnya baru-baru ini.

"Namun yang ini, badainya begitu kencang, sehingga  butiran es masih berbentuk padat, ketika jatuh ke tanah."

"Butiran ini harus sedikitnya sebesar dua sentimeter untuk bisa dikategorikan sebagai  badai kuat." katanya.

Salah seorang seorang warga Alice Springs Sandy Berlowitz Cole mengatakan 'dulu seorang teman mengatakan bahwa 60 tahun lalu salju turun di sekitar Alice, namun tidak seorang pun yang percaya."

Melihat sebuah foto yang memperlihatkan seorang wanita yang tidak mengenakan sepatu bermain di lapisan es, seorang warga dari negara bagian Victoria Cate Keane yang sedang berkunjung ke Alice Springs mengatakan "tolong bilang ke wanita tersebut bahwa salju itu dingin, dan dia harus mengenakan sepatu."

Meskipun ada foto tersebut, tidak banyak orang yang percaya bahwa salju benar turun di Alice Springs.

"Saya sudah lama tinggal di sini, dan saya tidak pernah melihat es sebelumnya." kata Claudine Rey. "Saya tidak percaya dengan apa yang saya lihat." kata Verna Nelson.

"Ini seperti bulan November di bagian utara Amerika Serikat." kata Charles Schoeneberger yang berasal dari Amerika Serikat.

Prakiraan cuaca hari Minggu di Alice Springs adalah 23 derajat selcius, dengan 50 persen kemungkinan turun hujan, tanpa disebutkan ada kemungkinan hujan es lagi.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement