Rabu 17 Jun 2015 22:19 WIB

Sama Seperti di Indonesia, Ramadan di Australia Dimulai 18 Juni

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE  -- Umat Muslim di Australia menyambut datangnya bulan suci Ramadan. 1 Ramadan di Australia jatuh hari Kamis (18/6). Sejumlah masjid dan komunitas Muslim di Australia pun sudah umumkan kegiatan sepanjang bulan puasa.

Penetapan 1 Ramadan di Australia diumumkan oleh Dewan Islam di sejumlah negara bagian, melalui situs resmi dan jejaring sosial, terutama halaman Facebook mereka. 

Seperti yang dikutip dari situs milik Dewan Islam di negara bagian Victoria, Jajaran Imam di Victoria menetapkan 1 Ramadan 1436 H akan jatuh pada tanggal 18 Juni 2015.

"Ketua dan anggota Jajaran Imam di Victoria mengucapkan selamat Ramadan bagi umat Muslim di Victoria dan Australia," demikian surat pernyataan yang mereka unggah di halaman Facebook-nya.

Disebutkan bahwa pengelihatan lewat bintang sejak Rabu dini hari (17/6) dan kemungkinan bulan baru atau hilal terlihat pada saat matahari tenggelam hari Rabu.

Sementara itu, komunitas Islam di Darwin, atau Islamic Society of Darwin di Kawasan Australia Utara juga menyatakan lewat pengelihatan bulan, awal Ramadan ditetapkan pada hari Kamis.

Hingga pantauan saat ini, seluruh komunitas Islam telah mengikuti ketetapan Dewan Imam Nasional Australia yang menetapkan jatuhnya bulan puasa pada tanggal 18 Juni.

Melalui jejaring sosial pula, sejumlah masjid-masjid dan komunitas Islam di Australia telah mengunggah jadwal kegiatan mereka sepanjang bulan Ramadan.

Diantaranya adalah buka puasa dan sahur bersama, shalat taraweh, kelas tafsir Quran, program menghafal Quran, hingga kelas khusus Muslimah di akhir pekan.

Termasuk juga bagi komunitas Muslim Indonesia di Melbourne.

"Kami akan memiliki buka puasa bersama setiap akhir pekan, tetapi setiap harinya mulai malam ini (17/6) akan digelar shalat taraweh kemudian ada kultum dan kajian," ujar Aru Prihata, Ketua Takmir Masjid IMCV Westall.

Komunitas Muslim Indonesia di negara bagian Victoria, atau IMCV pun memiliki beberapa tema besar untuk Ramadan kali ini, mulai dari Ramadan sebagai ajang untuk menggapai kualitas takwa, Ramadan sebagai bulan insyaf dan perbaikan diri dan keluarga, hingga upaya untuk melahirkan generasi Quran.

IMCV menggelar program Ramadan di empat masjid IMCV di kawasan Melbourne, seperti di Masjid Westall, Masjid Surau Kita di kawasan Coburg North, Masjid Baitul Makmur dan Pengajian SAS yang berada di kawasan Laverton.

Bulan Ramadan di Australia jatuh di musim dingin, sehingga jam berpuasa di Australia termasuk salah satu yang paling pendek di dunia. Imsak dan Subuh sekitar pukul 6 pagi dan matahari tenggelam sekitar pukul 5 sore.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement