Sabtu 11 Jul 2015 21:37 WIB

Australia Tenggara Akan Kedinginan Akhir Pekan, Salju di Beberapa Wilayah

Red:
Sekitar 10 cm salju menyelimuti kawasan bermain ski di Falls Creek di Victoria.
Foto: abc news
Sekitar 10 cm salju menyelimuti kawasan bermain ski di Falls Creek di Victoria.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Hampir sebagian besar wilayah Australia bagian Tenggara akan mengalami suhu dingin di akhir pekan dengan beberapa tempat di New South Wales, Victoria, Australia Selatan, dan Tasmania suhu akan turun di bawah nol derajat.

Direktur Regional Biro Meteorologi New South Wales Barry Hanstrum kondisi ini disebabkan adanya beberapa aliran dingin yang melewati NSW hari ini dan terus berlanjut sepanjang akhir pekan.

"Kami memperkirakan suhu akan turun drastis, angin akan kuat, dan salju akan turun di beberapa kawasan," kata Hanstrum baru-baru ini.

Suhu di beberapa tempat akan berada di bawah nol terutama saat dinihari.

Aliran dingin ini akan menyebabkan turunnya salju di kawasan Australia yang berada di ketinggian hari Sabtu, dan berlanjut hari Minggu di Great Dividing Range.

Sydney tidak akan mengalami salju, namun suhu di kota tersebut tidak akan melebihi 15 derajat hari Minggu, dengan minimun 8 derajat.

Namun di Canberra, di beberapa kawasan akan turun salju.

"Hari Minggu suhu akan dingin sekali, dan ada peluang salju hari Minggu pagi, pasti akan terjadi di daerah perbukitan, namun juga akan ada kemungkinan di beberapa kawasan pemukiman yang lebih rendah," kata Scott Carson dari Biro Cuaca.

Biro Meteorologi juga mengatakan di beberapa bagian Victoria suhu akan turun di bawah angka 0 Celcius dan salju akan turun di ketinggian 700 meter dari permukaan laut.

"Salju akan turun di kawasan pemukiman di luar kota Melbourne, di sekitar Dandenong, Mt Macedon, di sekitar Kinglake dan Yarra Ranges," kata petugas Biro Meteorologi Terry Ryan.

"Suhu dingin akan berlanjut seperti yang sudah terjadi dalam dua minggu terakhir."

Untuk kota Melbourne sendiri, biro memperkirakan akan berangin dan basah. Suhu di kota tidak akan melebihi 12 derajat Celcius sepanjang minggu depan.

Menurut Terry Ryan, di Victoria Timur Laut, suhu akan lebih dingin dibandingkan kawasan lainnya.

"Di Wangaratta, suhu akan turun minus 1 hari Selasa, dan nol derajat pada hari Minggu dan Senin," katanya.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement