Ahad 12 Jul 2015 06:47 WIB

Pakaian Dalam Ratu Victoria Laku Rp 246 Juta

Pakaian dalam Ratu Victoria dengan lingkar pinggang 114 sentimeter yang laku Rp 246 juta dalam lelang.
Foto: Press Association
Pakaian dalam Ratu Victoria dengan lingkar pinggang 114 sentimeter yang laku Rp 246 juta dalam lelang.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sepasang pakaian dalam katun Ratu Victoria dengan lingkar pinggang 114 sentimeter laku 12.090 poundsterling atau Rp 246 juta dalam lelang.

Pakaian dalam tersebut terjual bersama gaun malam, stoking dan topi yang dikenakan oleh Victoria dan putra ketiganya Putri Alice. Seluruh benda tersebut berasal dari Museum Yesterday's World di East Sussex. Benda itu memiliki lambang VR yang merupakan singkatan dari Victoria Regina.

Sang pelelang Richard Edmonds mengatakan pakaian itu masih dalam kondisi baik karena diawetkan dalam kertas tisu di ruangan yang suhunya dikendalikan. Menurut Edmonds, pakaian dalam Victoria berasal dari akhir 1890an.

Seorang kolektor Inggris membeli pakaian dalam itu bersama pakaian lain dan seperangkat replika mahkota perata senilai 5.500 poundsterling atau 112 juta rupiah.

"Kami memiliki banyak peminat dalam penjualan ini dan ruang lelang dipenuhi pembeli dan penonton yang antusias. Harganya mencatat rekor untuk pakaian dalam anggota kerajaan," kata Edmonds dikutip dari Guardian, Sabtu (11/7).

Tahun asal pakaian dalam tersebut diketahui dari ukuran lingkar pinggang. Karena ada rekaman foto Ratu Victoria dari waktu ke waktu, hal itu memungkinkan menghitung ukuran pinggangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement