Kamis 16 Jul 2015 18:35 WIB

AS Akan Bantu Penangkapan Kembali Gembong Narkoba Guzman

Rep: C32/ Red: Ilham
Gembong narkoba paling dicari di Meksiko, Joaquin 'El Chapo' Guzman.
Foto: Foxnews
Gembong narkoba paling dicari di Meksiko, Joaquin 'El Chapo' Guzman.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Seorang pejabat pemerintah Meksiko menyatakan ada para pejabat penegak hukum Amerika Serikat (AS) yang direncanakan akan bertemu dengan Jaksa Agung Meksiko pekan ini. Hal tersebut dilakukan terkait berbagi informasi berkaitan dengan gembong narkoba Guzman yang melarikan diri dari sel penjaranya.

 

Tak hanya membahas informasi tersebut, seperti yang dilansir oleh Union Leader, Rabu (15/7), mereka juga akan membahas upaya penangkapan Guzman kembali. Sebelumnya, perwakilan dari Federal Bureau of Investigation and the Drug Enforcement Administration telah bertemu dengan para penegak hukum tersebut.

Selain itu, jaksa AS menyatakan, mereka akan mencari ekstradisi dan laporan media awal tahun ini. Ia mendapatkan suatu infomasi yang tidak bisa disebutkan namanya dimana AS telah membuat permintaan resmi untuk ekstradisi Guzman.

Di lain sisi, Meksiko telah lama berusaha untuk mempertahankan kemerdekaanya dari AS mengenai masalah-masalah keamanan nasional. Namun kini pihak AS nyatanya akan berperan dalam kasus kaburnya gembong narkoba Guzman dari selnya di Meksiko.

Diketahui, Guzman merupakan salah satu tahanan gembong narkoba terkaya di dunia. Ia pernah ditangkap dan dipenjara pada 2014 setelah sembelumnya pada 2001 ia juga pernah melarikan diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement