Kamis 14 Sep 2023 08:58 WIB

Istri Raja Narkoba El Chapo Bebas dari Penjara

Istri El Chapo menjalani hukuman tiga tahun karena membantu suaminya bisnis narkoba.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Bos kartel narkoba terkuat di Meksiko, Joaquin  El Chapo Guzman.
Foto: Reuters/Henry Romero/File Photo
Bos kartel narkoba terkuat di Meksiko, Joaquin El Chapo Guzman.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Biro Pemasyarakatan Amerika Serikat (AS) mengatakan istri dari raja narkoba Joaquin Guzman atau lebih dikenal El Chapo dibebaskan dari penjara. Setelah menjalani hukuman tiga tahun karena membantu suaminya menjalankan kerajaan narkoba.

Emma Coronel Aispuro mengaku bersalah pada tahun 2021 pada tiga dakwaan federal sebagai bagian dari kesepakatan dengan jaksa federal. Ia dipindahkan dari penjara Texas ke rumah singgah di California sebelum dia dibebaskan. Kini ia menjalani masa pengawasan selama empat tahun.

Baca Juga

Ketika ia dijatuhi hukuman Coronel Aispuro mengatakan  “penyesalan yang mendalam atas segala kerugian.” Ia mengaku bersalah atas tuduhan konspirasi pencucian uang dan transaksi dengan penyelundup narkotika.

Ia juga membantu suaminya melarikan diri melalui terowongan yang digali di bawah penjara di Meksiko pada tahun 2015. Jaksa mengatakan Coronel Aispuro menyelundupkan jam tangan GPS yang disamarkan sebagai makanan.

Hal ini membantu anak buah El Chapo yang menggali terowongan untuk mengetahui lokasi dan menghubunginya. El Chapo yang merupakan pemimpin kartel Sinaloa, ditangkap kembali pada tahun berikutnya.

Ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di penjara AS pada tahun 2019 karena konspirasi narkoba besar-besaran yang menyebarkan pembunuhan dan kekacauan selama lebih dari dua dekade. Ia bersikeras persidangannya di New York tidak adil dan mengatakan kepada hakim kasusnya “ternoda.” 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement