Ahad 19 Jul 2015 07:28 WIB

Tolak Syarat Utang Baru, Pejabat Yunani Dicopot

Rep: Sonia Fitri/ Red: Hazliansyah
Yunani gelar referendum setelah gagar bayar utang ke IMF.
Foto: Currencies.co.uk
Yunani gelar referendum setelah gagar bayar utang ke IMF.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras melakukan reshuffle terhadap Menteri Energi Panagiotis Lafazanis dan dua deputi di bawahnya pada Jumat (17/7) lalu. Reshuffle dilakukan sebab menteri tersebut menolak syarat utang baru Eropa yang telah disepakati di parlemen.

Selanjutnya, posisi Lafazanis akan digantikan oleh Panos Skourletis yang saat ini menjabat Menteri Tenaga Kerja. Sedangkan Menteri Reformasi Administrasi George Kaatrougalos akan menjadi Menteri Tenaga Kerja baru.

Menteri-menteri utama di bidang ekonomi tidak berganti formasi di mana Euclid Tsakalotos tetap menjadi Menteri Keuangan dan George Stathakis di jabatan Menteri Ekonomi.

Kebijakan pergantian menteri dilakukan Tsipras untuk menyelesaikan pertentangan dari 39 anggota parlemen dari Partai Syriza yang merupakan partai kiri di Yunani.

Seperti diketahui, menteri-menteri keuangan negara yang masuk kategori eurozone atau negara eropa pengguna mata uang euro telah menyetujui paket utang awal kepada Yunani senilai 7 miliar euro atau sekitar Rp 110,5 triliun.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement