Selasa 21 Jul 2015 16:45 WIB

Enam Simbol Hubungan AS-Kuba di Havana (1)

Rep: c07/ Red: Ani Nursalikah
Ernest Hemingway (berkemeja putih, berjanggut dan berdiri) saat berada di Floridita Bar.
Foto: hemingwaycuba.com
Ernest Hemingway (berkemeja putih, berjanggut dan berdiri) saat berada di Floridita Bar.

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA -- Amerika Serikat dan Kuba memasuki babak baru dalam hubungan diplomatik kedua negara. Hal itu ditandai dengan dibukanya kedutaan besar Kuba di Washington DC. Bendera Kuba pun berkibar untuk pertama kalinya di negara tersebut pada Senin (20/7).

Namun, setiap pengunjung ke ibu kota Kuba, Havana dapat melihat hubungan antara kedua negara berjalan panjang dan mendalam. Banyak sekali atraksi yang menampilkan budaya dan sejarah Amerika.

Meskipun selama lima dekade bermusuhan, beberapa situs bahkan menampilkan secara gamblang budaya Amerika. Berikut merupakan situs kebudayaan Amerika di Kuba.

1. Hemingway

Penulis Amerika, Ernest Hemingway sempat tinggal di Kuba. Ia bekerja selama bertahun-tahun di negara tersebut.  Bahkan beberapa buku terkenal miliknya diterbitkan di Kuba, seperti "For Whom the Bell Tolls" dan "The Old Man and the Sea."

Salah satu tempat wisata terbesar Havana adalah  miliknya di Finca Vigia. Tempat tersebut selalu dikunjungi oleh peziarah sastra dari seluruh dunia dan Kuba.

Foto Hemingway berpose dengan ikan piala dan dengan pemimpin revolusi Fidel Castro juga menghiasi banyak bar dan hotel, termasuk Ambos Mundos hotel di Old Havana, di mana para wisatawan juga dapat berwisata ke ruangan yang pernah ditempati Hemingway.

Dua bar di Havana juga banyak dikunjungi wisatawan berkat Hemingway di mana terdapat tulisan tangannya "My mojito in La Bodeguita, my daiquiri in El Floridita." yang dibingkai di atas bar La Bodeguita del Medio. Bar The Floridita bahkan memiliki patung Hemingway. Situs lain yang terkait dengan Hemingway adalah klub yacht bernama Hemingway Marina dan Monumen Hemingway yang berada di desa nelayan Cojimar.

2. Presiden AS

Beberapa situs di sekitar Havana, terdapat beberapa lambang Presiden AS. Namun tidak semuanya berisi pujian.

Di dalam Museum Revolusi, terdapat karikatur Ronald Reagan, George HW Bush dan George W Bush yang ditampilkan di "pojok kretin". Di luar museum terdapat reruntuhan dari pesawat mata-mata AS yang ditembak jatuh di Kuba pada 1962 saat krisis misil di Kuba, yang juga merupakan penentuan saat pemilihan presiden John F Kennedy.

Berbeda dengan Abraham Lincoln yang justru sangat dihormati. Terdapat dua patung miniatur di luar sebuah sekolah bahasa Inggris, Escuela de Idiomas di Avenida serta patung di Parque de la Fraternidad di Paseo del Prado. Bahkan bangunan berkubah Capitolio Havana akan tampak akrab dengan Amerika karena mirip seperti gedung Capitol AS di Washington.

3. Rosenberg

Julius dan Ethel Rosenberg dieksekusi pemerintah AS atas tuduhan membocorkan rahasia bom atom ke Uni Soviet. Kematian mereka mendapatkan protes dari seluruh dunia. Mereka tewas dengan meninggalkan dua anaknya.

Kematian mereka juga baru dirilis pada 1950. Menurut kesaksian juri menunjukkan Ethel mungkin tidak bersalah dalam tuduhan tersebut. Peringatan kematian mereka diperingati dengan batu bata yang tersusun di sepanjang jalan Zapata dan Paseo yang  dihiasi dengan gambar mereka ditemani para kawanan merpati dan sebuah tulisan,

"Untuk perdamaian, roti dan mawar, kita akan menghadapi algojo. Ethel dan Julius Rosenberg, dibunuh tanggal 19 Juni 1953."

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement