Rabu 12 Aug 2015 03:12 WIB

ISIS Lepas 22 Tawanan

Rep: c26/ Red: Agung Sasongko
Pasukan ISIS
Foto: VOA
Pasukan ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Kelompok ISIS melepaskan 22 tawanan kaum Kristen dari wilayah Asyur. Mereka merupakan tawanan yang sudah diculik ISIS dari desa-desa di Timur Laut Suriah sejak awal tahun.

Kepala Observatorium Hak Asasi Manusia Suriah yang berbasis di Inggris, Rami Abdulrahman tidak dapat memastikan total keseluruhan tawanan Kristen Asyur yang ditahan ISIS. Namun sedikitnya ISIS diperkirakan masih menahan sekitar 150 orang Kristen Asyur.

Saat dikonfirmasi, Kepala kelompok Asyur Suriah di Swedia, Afram Yakoub menyangkal tahanan dibebaskan karena telah dibayar uang tebusannya.  Yakoub mengatakan semua tawanan yang dibebaskan adalah laki-laki dan perempuan lanjut usia.

"Beberapa memiliki masalah kesehatan, jadi kami percaya bahwa mereka membebaskan mereka karena masalah kesehatan dan karena mereka sudah tua,"kata Yakoub seperti dilansir dari Reuters, Rabu (12/8).

Tambah dia, setidaknya pembebasan ini kembali membuka harapan kecil. Ia berharap suatu hari mereka yang tersisa juga akan dibebaskan.

Pada bulan Maret, diketahui kelompok ini juga membebaskan 19 dari keseluruhan tawanan. Sebelumnya ISIS menculik 200 orang Kristen Asyur pada bulan Februari tahun ini. Aksi ini dilancarkan ketika pejuang ISIS menguasai lebih dari selusin desa yang dihuni kaum minoritas ini di dekat Hasaka,  sebuah kota timur laut terutama dihuni oleh orang Kurdi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement