Jumat 28 Aug 2015 00:32 WIB

50 Imigran Gelap Ditemukan Tewas dalam Truk di Austria

Rep: C11/ Red: Yudha Manggala P Putra
Imigran gelap
Foto: Feri/Antara
Imigran gelap

REPUBLIKA.CO.ID, PARNDORF -- Sebanyak 50 imigran gelap ditemukan tewas di sebuah truk yang diparkir di Austria dekat perbatasan Hongaria, Kamis (27/8).

Kanselir Jerman, Angela Merkel mengungkapkan penemuan tersebut mengguncang para pemimpin Eropa yang tengah membahas krisis migran negara-negara Balkan.

Kepala Kepolisian provinsi Burgenland, Hans Peter Doskozil mengatakan dalam konfrensi pers, truk tersebut sudah ada sejak hari Rabu (26/8). Truk seberat 7,5 ton ditemukan di jalan tol dekat kota Parndorf.

Doskozil mengatakan ia tidak bisa menempatkan angka pasti tentang jumlah korban, yang tubuhnya sudah mulai membusuk. "Kita bisa berasumsi bahwa hal itu bisa 20 orang yang meninggal. Ini juga bisa menjadi 40, itu bisa menjadi 50 orang," kata Doskozil dilansir dari laman Reuters, Jumat (28/8).

Adapun puluhan ribu orang, terutama dari Afrika dan Timur Tengah, telah melewati laut tahun ini dengan harapan dapat mencapai Eropa. Mereka berpergian sangat berbahaya karena masuk ke dalam kapal kecil yang tidak pernah dirancang untuk menyeberang Mediterania.

Dalam konfrensi pers tingkat tinggi di Balkan Barat, Wina, Merkel mengatakan harus ada solusi terkait permasalahan imigran.

"Kami tentu saja semua terguncang oleh berita mengerikan ini, hal ini mengingatkan kita bahwa kita harus mengatasi dengan cepat permasalahan imigrasi dalam semangat Eropa, semangat solidaritas dan untuk menemukan solusi," papar Merkel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement