Selasa 15 Sep 2015 17:51 WIB

Ini Identitas Pengusaha Mesir Yang Ingin Beli Pulau Yunani

Naguib Sawiris
Foto: elmens.com
Naguib Sawiris

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Identitas miluener Mesir yang ingin membeli pulau di Yunani untuk migran terungkap. Ia adalah Naguib Sawiris, taipan media televisi Mesir yang menurut Fortune memiliki kekayaan hingga 3 miliar dolar AS.

Menurut keterangan kantor Sawiris, sang taipan telah mengidentifikasi dua pulau privat Yunani untuk proyek penyelamatan migran.  "Kami telah berkorespodensi dengan pemilik pulau, dan kami telah menyampaikan ketertarikan untuk bernegosiasi dengan mereka," ujar kantor Sawiris dalam pernyatannya.

Sawiris mengatakan, jika pulau itu berhasil dibeli, kedaulatan wilayah tersebut akan tetap berada di bawah yuridiksi Yunani.  Masa depan kesepakatan pun akan sangat bergantung dari persetujuan Athena untuk menampung jumlah maksimal pengungsi berdasarkan aturan negara itu.

Ia berharap Yunani dalam melanjutkan proses administrasi, dan mengizinkan migran tinggal di sana.  Pria berusia 61 tahun ini mengklaim jika Badan Pengungsi PBB untuk Urusan Pengungsi (UNHCR) menawarkan kerja sama dalam proyek tersebut. Diperkirakan proyek pembangunan pulau itu membutuhkan investasi senilai 100 juta dolar AS.

sumber : RT
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement