Senin 12 Oct 2015 17:17 WIB

Cina Berencana Hapus 70 Juta Kemiskinan dalam Enam Tahun

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Perekonomian Cina
Foto: VOA
Perekonomian Cina

REPUBLIKA.CO.ID,  BEIJING -- Cina berencana mengangkat  70 juta orang yang saat ini hidup di bawah garis kemiskinan. Seorang pejabat kabinet mengatakan, pemerintah berharap bisa melakukannya dalam enam tahun ke depan.

"Kita punya enam tahun untuk memberantas semua kemiskinan," kata Hong Tianyun, wakil direktur China's State Council Leading Group Office of Poverty Alleviation and Development of China.

Meskipun rata-rata pertumbuhan ekonomi Cina  pesat dalam dua dekade terakhir, kemiskinan masih menjadi masalah besar di negeri panda tersebut. Terutama di daerah pedesaan yang kurang lapangan pekerjaan.

Menurut kantor berita Xinhua, mengutip data dari Biro Statistik Nasional, saat ini sekitar 70 juta orang hidup di bawah garis kemiskinan dengan penghasilan kurang dari 2.300 yuan per tahun. Sebagian besar berada di pedesaan.

Hong mengatakan jangka waktu yang pendek akan menekan pemerintah daerah untuk berupaya keras. "Jika tidak ada inisiatif, maka akan sangat sulit untuk mencapai misi ini," kata Hong.

Menurut Xinhua, sekitar 12,3 juta orang berhasil bergerak ke atas garis kemiskinan pada 2014. Cina sebelumnya telah menetapkan 2020 sebagai target untuk hampir menghilangkan kemiskinan. Pemerintah mengusulkan program termasuk sekolah kejuruan gratis, pelayanan publik yang lebih baik, pembiayaan untuk usaha baru dan perbaikan dalam kesehatan pedesaan dan jalan.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement