Senin 12 Oct 2015 22:41 WIB

Anak Mubarak Dibebaskan dari Penjara

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Joko Sadewo
Hosni Mubarak
Foto: Reuters
Hosni Mubarak

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Pengadilan Mesir memerintahkan pembebasan anak-anak otokrat Hosni Mubarak pada hari Senin (12/10). Mereka di antaranya Gamal, pewaris Mubarak dan saudaranya Alaa, seorang pengusaha kaya.

Mereka dihukum pada Mei dengan vonis masing-masing tiga tahun penjara dalam kasus korupsi. Keduanya pertama kali ditahan pada April 2011, dua bulan setelah ayah mereka mengundurkan diri dalam pemberontakan rakyat terhadap pemerintahan.

Keduanya dibebaskan pada Januari dengan jaminan sebelum dihukum lagi pada Mei bersama dengan Mubarak. Mereka dituduh menggelapkan jutaan dolar uang negara selama satu dekade, mengalihkan uang untuk membayar merenovasi dan menjaga istana presiden juga meng-upgrade rumah pribadi mereka.

Secara terpisah, kedua anak Mubarak menghadapi tuduhan insider trading, dengan sidang berikutnya pada bulan Oktober.

Banyak orang Mesir melihat Mubarak bersaudara adalah simbol utama dari pemerintahan otokratik dan korup yang melanda aliansi dengan mengorbankan orang miskin. Munculnya Presiden Mesir Abdel-Fattah el-Sissi, yang telah bersumpah menjaga stabilitas setelah empat tahun kerusuhan, telah mendorong para pendukung Mubarak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement