Kamis 22 Oct 2015 22:38 WIB

Berondong Empat Mobil, Boko Haram Tewaskan 20 Orang

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Taufik Rachman
Pasukan Boko Haram
Foto: thestreetjournal
Pasukan Boko Haram

REPUBLIKA.CO.ID,KANO --  Sebanyak 20 jiwa tewas ditembak oleh pria bersenjata yang diduga kelompok militan Boko Haram Rabu di sebuah jalan di luar sebuah desa di timur laut wilayah bagian Borno, Nigeria, Rabu (21/10).

Seorang warga mengatakan, sekelompok anggota Boko Haram bersenjata yang melarikan diri dari serangan militer di kamp mereka di Distrik Nganzai menembaki empat mobil di luar desa Jingalta, 70 kilometer (45 mil) utara dari Maiduguri. Tembakan kelompok itu kemudian menewaskan semua 20 penumpang di dalam mobil.

‘’Kami menerima informasi serangan Boko Haram bersenjata pada empat mobil dekat desa Jingalta mana mereka menembak mati semua 20 penghuni kendaraan sebelum membakarnya,"  kata anggota dari kelompok yang membantu militer dalam memerangi sekte Islam di Maiduguri Babakura Kolo seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Kamis (22/10).

Kolo menerangkan, orang-orang bersenjata itu melarikan diri dari operasi militer . Sekitar pukul 9.30 mereka menembaki mobil yang melintas. Orang-orang bersenjata itu mengendarai truk pick-up dan sepeda motor, kemudian menjarah dan membakar seluruh desa yang penghuninya sudah melarikan diri setelah serangan itu.

Jibir Hassan, seorang sopir bus komersial yang tiba di lokasi kejadian setelah orang-orang bersenjata melarikan diri, mengkonfirmasikan jumlah korban tewas. Ketika dirinya tiba di desa Jingalta, ia mengaku menemukan desa yang terbakar dan  melihat 20 mayat tergeletak di pinggir jalan.

‘’Kelompok Boko Haram rutin membunuh wisatawan. Pada hari Senin (19/10) Boko Haram menewaskan lima wisatawan dan melukai lainnya di dekat Desa Mile 40,’’ ujar Hassan.

Dan pekan lalu, pembom bunuh diri menewaskan puluhan orang dalam serangan di Maiduguri, di mana gerakan radikal pertama kali muncul. Pemberontakan telah menewaskan sedikitnya 17.000 jiwa sejak 2009.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari yang prioritasnya berjuang melawan Boko Haram segera bertindak setelah ia menjabat pada bulan Mei dan telah memberikan waktu angkatan bersenjata sampai akhir tahun untuk menghancurkan gerakan Islam. Rabu pekan lalu, Buhari mengatakan militer memiliki posisi yang baik untuk memenuhi tenggat waktu Desember.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement