Senin 26 Oct 2015 11:03 WIB

Bukan Guyonan, Komedian Ini Berhasil Jadi Presiden

Presiden Guatemala terpilih Jimmy Morales
Foto: Reuters
Presiden Guatemala terpilih Jimmy Morales

REPUBLIKA.CO.ID,  Mantan komedian televisi Jimmy Morales yang belum memiliki pengalaman dalam memerintah berhasil memenangkan pemilihan presiden, Ahad (26/10). Kemenangan Morales tak terlepas dari skandal korupsi yang menerpa presiden terdahulu.  

"Sebagai seorang presiden saya menerima mandat, dan mandat rakyat Guatemala adalah memerangi korupsi. Tuhan memberkati dan terima kasih," ujar Morales.

Markas Morales Front Pertemuan Nasional merayakan kemenangan dengan menggelar performa musik langsung. Morales yang menjanjikan pemerintahan bersih meraih 73,4 persen suara dari 70 persen tempat pemungutan suara telah dihitung.

 

Sementara mantan ibu negara Sandra Torres yang juga pesaingnya hanya meraih 27,6 persen. Torres telah mengakui kekalahannya.

Morales yang ramah dan kerap melontarkan candaan menjadi salah satu aktivis penentang presiden terdahulu Otto Perez. Unjuk rasa besar-besaran berhasil menggulingkan Perez bulan lalu.

"Kami lelah dengan wajah yang sama. Jimmy Morales tidak meyakinkan saya. Saya bahkan hampir tidak mau memilih. Namun ia menjadi satu-satunya pilihan," ujar Ana Fuentes (36 tahun) seorang warga.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement