Selasa 27 Oct 2015 20:32 WIB

Berhasil Jadi Presiden, Komedian Ini Diminta Serius

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Guatemala terpilih Jimmy Morales
Foto: Reuters
Presiden Guatemala terpilih Jimmy Morales

REPUBLIKA.CO.ID, GUATEMALA CITY --  Mantan komedian televisi Jimmy Morales (46 tahun) memenangkan pemilihan presiden Guatemala. Dalam sambutan pertamanya, Morales mengaku siap memerangi korupsi.

Meski kurang pengalaman dalam pemerintahan, Morales berhasil mengalahkan saingannya mantan ibu negara Sandra Torres.  Ia menang di tengah kemarahan publik atas skandal korupsi yang menerpa presiden terdahulu.

Markas kantor pusat Front Persatuan Nasional (FCN), basis pendukung Morales merayakan hasil resmi pemilu yang menunjukkan calonnya menang telak.

‘’Morales memenangkan lebih dari 67 persen suara dalam pemilihan presiden,’’ kata para pejabat pemilu seperti dikutip  CNN, Selasa (27/10).

Penasehat dan pengamat mendesak Morales untuk tampak lebih serius. Morales mengaku sebagai presiden, ia mau menerima mandat. Amanat rakyat Guatemala adalah untuk memerangi korupsi yang menggerogoti Guatemala.

Morales yang sudah menjadi pembawa acara selama 14 tahun di sebuah komedi TV populer  mengajukan diri menjadi calon presiden dengan janji-janji untuk mengatasi korupsi dan membagikan jutaan ponsel pintar untuk anak-anak.

"Kami sudah lelah dengan wajah yang sama dari orang-orang yang kaya dari uang kami," kata Eduardo Tablas, seorang warga yang memilih Morales. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement