Ahad 01 Nov 2015 08:00 WIB

Roket ISIS Hantam Masjid di Timur Afghanistan

Kota Mosul yang dikuasai ISIS.
Foto: Reuters
Kota Mosul yang dikuasai ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Sebuah roket yang tampaknya ditembakkan oleh pejuang pergerakan Negara Islam (ISIS) menghantam satu masjid di bagian timur Afghanistan dan menewaskan enam jamaah serta melukai empat orang lainnya, kata pihak berwenang lokal, Sabtu (31/10).

Serangan di Achin, Provinsi Nangarhar, sebelah tenggara Jalalabad, terjadi saat salat maghrib pada Jumat (30/10), kata Gubernur Haji Ghalibhe. Belum jelas apakah serangan memang ditujukan ke masjid tersebut atau tersasar setelah ditembakkan oleh pasukan keamanan yang berbasis di dekat lokasi.

ISIS telah membangun keberadaan mereka di Afghanistan sementara memerangi pasukan pemerintah dan pergerakan Islamis Taliban. Nangarhar, yang berbatasan dengan Pakistan, menjadi salah satu benteng utama mereka.

Hazrat Hussain Mashriqiwal, juru bicara Kepala Kepolisian Nangarhar mengatakan pasukan keamanan telah menahan dua tersangka, satu di antaranya merupakan orang asing.

ISIS dengan aksi-aksinya menyebabkan kekhawatiran di luar Afghanistan, tempat Rusia mengatakan mereka prihatin terhadap serangan di negara-negara tetangga Asia dan komandan AS menyatakan gerakan tersebut telah menyebabkan penundaan rencana penarikan pasukan tahun depan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement