Senin 02 Nov 2015 13:20 WIB

AKP Menang Dinilai Kemenangan Demokrasi

ahmet davutoglum
Foto: www.medya365.com
ahmet davutoglum

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Perdana Menteri Turki Ahmed Davutoglu menggambarkan berhasilnya kembali Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) meraih suara mayoritas merupakan kemenangan demokrasi.

"Kemenangan hari ini untuk demokrasi dan rakyat kita," ujar Davutoglu kepada para pendukungnya di Konya, kemarin. "Kami berharap dapat melayani Anda dengan baik untuk empat tahun mendatang."

Investor dan aliansi Barat berharap hasil pemungutan suara ini akan memulihkan kembali stabilitas serta kepercayaan ekonomi negara tersebut.  Ankara diharapkan bisa fokus dalam menangani jumlah gelombang pengungsi dari Suriah, serta membantu menghadapi aksi teror.

Sebelumnya AKP kehilangan suara mayoritas pada Juni lalu untuk pertama kali sejak 2002. Upaya pembentukan pemerintahan koalisi gagal tercapai.   Para politikus memilih untuk mengulang pemilihan. Hasilnya, berdasarkan perhitungan awal AKP berhasil meraih suara mayoritas di parlemen.  "Sudah jelas, pemilihan hari ini memberikan keuntungan bagi bangsa," ujar Presiden Turki Recep Tayip Erdogan.

Kemenangan mutlak itu menurut Presiden Recep Tayyip Erdogan merupakan respons penolakan terhadap terorisme pemberontak Kurdistan. Menurut Erdogan, pemilih telah memilih kestabilan setelah lima bulan penuh kekerasan. 

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement