Senin 02 Nov 2015 21:41 WIB

Hamas Sambut Baik Kemenangan AKP Turki

Khaled Meshaal
Foto: AFP
Khaled Meshaal

REPUBLIKA.CO.ID,  ANKARA -- Kemenangan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) Turki mendapatkan sambutan hangat dari sekutu dekat mereka di kawasan.

Khaled Meshaal, pemimpin senior Hamas, memberikan selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Perdana  Menteri Ahmet Davutoglu atas kemenangan AKP.

Dalam pernyataannya, Meshal mengatakan, warga Palestina menyambut baik lingkungan demokrasi di Turki. Ia berharap hasil ini akan berkontribusi buat pembangunan dan stabiltas serta keuntungan buat rakyat Turki serta rakyat Palestina dalam menghadapi penjajahan Israel. 

Pemerintah Ethiopia juga mengucapkan selamat atas berlangsungnya pemilihan Turki dengan lancar. Juru bicara Pemerintah Ethiopia Getachew Reda mengatakan kepada Anadolu Agency, Turki merupakan negara penting untuk perdamaian di dunia. Stabilitas di Turki berdampak pada Timur Tengah dan Eropa.

Di Tunis, Rached Ghannouchi, pemimpin partai Islam Ennahda juga mengucapkan selamat kepada Turki dan pemimpin partai Davutoglu. "Hari ini merupakan hari penting buat Arab Spring dan demokrasi," ujar Ennahda.

Menurut sumber Ennahda, Ghannochi telah menghubungi Erdogan dan memberikan selamat atas kemenangan AKP.

Di Suriah, 12 kelompok oposisi Suriah menyambut hasil pemilihan Turki. "Kemenangan AKP penting di tengah situasi sensitif yang terjadi di kawasan," ujar kelompok itu dalam pernyataannya. 

Sebelumnya AKP kehilangan suara mayoritas pada Juni lalu untuk pertama kali sejak 2002. Upaya pembentukan pemerintahan koalisi gagal tercapai.   Para politikus memilih untuk mengulang pemilihan. Hasilnya, berdasarkan perhitungan awal AKP berhasil meraih suara mayoritas di parlemen.

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement