Selasa 03 Nov 2015 14:18 WIB

Abu Rinjani, Virgin dan Jetstar Batalkan Penerbangan Bali

Virgin Australia membatalkan penerbangan dari dan ke Bali karena abu vulkanik.
Foto: abc
Virgin Australia membatalkan penerbangan dari dan ke Bali karena abu vulkanik.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Maskapai Virgin Australia dan Jetstar telah membatalkan semua penerbangan dari dan ke Bali pada Selasa (3/11) karena kekhawatiran adanya abu vulkanik.

Pihak maskapai tersebut mengatakan, para meteorolog dan Pusat Pemantauan Abu Vulkanik telah menganalisa kondisi terbang di sekitar Bandara Denpasar tidak aman karena erupsi Gunung Rinjani di pulau Lombok.

Virgin membatalkan 10 penerbangan dari dan ke Bali mereka, sementara Jetstar membatalkan 6 penerbangan dan memperingatkan kemungkinan pihaknya membatalkan penerbangan lain.

Baik Virgin maupun Jetstar mengatakan, mereka akan membuat keputusan pada penerbangan Rabu (4/11) setelah menerima rekomendasi lebih lanjut dari para ahli.

"Kami terus memantau situasinya secara erat. Keamanan penumpang dan kru kami adalah prioritas utama kami, dan kami akan terus menginformasikan kabar terbaru sesegera mungkin," tulis maskapai Virgin dalam sebuah pernyataan.

Sementara pihak Jetstar mengatakan: "Kami akan melanjutkan penerbangan segera setelah hal itu dinyatakan aman dan kami akan menginformasikan penumpang jika kondisi terbang yang buruk menyebabkan pembatalan lebih lanjut."

Kedua maskapai menyarankan penumpang yang saat ini berada di Bali untuk tak menuju Bandara Denpasar tanpa adanya penerbangan terjadwal yang sudah terkonfirmasi.

Warga Rockingham, Australia Barat, Jan Hansson, yang berusia 76 tahun -tak mengetahui pembatalan itu hingga ia tiba di Perth (3/11) pagi dengan temannya dan teman seperjalanannya.

"Kami sudah datang jauh-jauh dan kami tak punya tumpangan menginap. Saya tak senang. Tapi mereka tak bisa berbuat apa-apa, saya kira mereka harus aman," ujarnya.

Jan mengatakan, Virgin tak bisa memberitahunya kapan situasi ini akan berakhir.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-03/virgin-dan-jetstar-batalkan-penerbangan-dari-dan-ke-bali-karena-abu-rinjani/1510496
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement