Rabu 11 Nov 2015 15:43 WIB

Permata Pink Langka Terjual dengan Harga Wow

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Berlian merah muda terbesar
Foto: AP
Berlian merah muda terbesar

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Sebuah permata langka  berwarna merah muda mencetak rekor terbaru ketika terjual dengan harga 19 juta poundsterling atau 28 juta dolar AS, Selasa (10/11). Estimasi harga prapenjualan berlian ini adalah sekitar 23 juta hingga 28 juta dolar AS.

Berlian terjual dalam pelelangan permata semi tahunan Christie di Jenewa. Penjual berlian tidak diketahui dan pembelinya yang berasal dari Cina meminta namanya tidak dipublikasikan. Pembeli yang berbasis di Hong Kong itu menamai permata merah muda tersebut 'The Sweet Josephine'.

Berlian dengan berat 16,08 karat itu dibingkai dalam cincin emas dan platinum. " Ini benar-benar harga yang tinggi untuk kualitas batu seperti ini, karena warnanya," kata Ketua Christie's Luxury Group yang juga pakar perhiasan, Francois Curiel.

Dalam 250 tahun sejarah pelelangan, hanya tiga berlian pink vivid di atas 10 karat yang muncul untuk dijual. 'The Sweet Josephine' adalah salah satu permata legendaris yang dilelang malam tersebut.

Selain itu, ada sebuah berlian putih tanpa cacat berbentuk buah pir seberat 50,48 karat yang terjual 7,890 juta franc Swiss dalam penawaran panas. Ada juga, perhiasan dari Harry Winston, Van Cleef & Arpels, Boucheron, Cartier dan Bulgari yang harganya melonjak di atas perkiraan prapenjualan.

Sebuah berlian biru besar, salah satu yang paling langka di dunia, bisa terjual hingga 55 juta dolar AS di lelang pada Rabu kemarin. Sebuah lukisan telanjang Modigliani juga berhasil terjual ke pembeli Cina yang tidak disebutkan namanya dengan harga 170.4 juta dolar AS. "Cina telah sangat aktif sejak kemarin di New York dan malam ini di Jenewa," kata Curiel.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement