Sabtu 26 Sep 2015 08:00 WIB

Berlian Pink Ini Diperkirakan Bernilai Rp 409 Miliar

Rep: c35/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah berlian berwarna merah muda berbentuk mirip bantal dihargai sekitar 28 juta dolar AS atau 409 miliar rupiah di rumah lelang Christie pada Kamis (24/9).
Foto: focus
Sebuah berlian berwarna merah muda berbentuk mirip bantal dihargai sekitar 28 juta dolar AS atau 409 miliar rupiah di rumah lelang Christie pada Kamis (24/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Sebuah berlian berwarna merah muda berbentuk mirip bantal telah ditemukan. Kabarnya berlian tersebut dihargai sekitar 28 juta dolar AS atau 409 miliar rupiah di rumah lelang Christie pada Kamis (24/9).

Berlian 16,08 karat itu dibentuk menjadi cincin dan warna merah mudanya memenuhi standar Gemological Institute sebagai penerapan pedoman aturan batu mewah di Amerika.

“Hanya terdapat tiga jenis berlian vivid pink yang memiliki kadar lebih dari 10 karat yang dijual selama 250 tahun terakhir. Berlian ini dimasukkan ke dalam jenis berlian tipe lla, yang jumlahnya hanya dua persen dari seluruh berlian yang ada,” kata Christie menurut Focus, pada Jumat (25/9).

Berlian utama dikelilingi oleh dua baris berlian putih, kemudian pada bagian bawahnya terdapat berlian merah muda. Berlian ini akan dipamerkan pada tur internasional mulai bulan depan. Tur tersebut dilakukan di House of Christie di Hong Kong, New York dan London.

Rekor masih dipegang oleh hasil pelelangan pada November 2010 dari berlian dengan kadar 24,78 karat yang dijual dengan harga 46 juta dolar AS atau senilai 671,8 miliar rupiah dengan nama Graff Pink.

Sedangkan rumah lelang Sotheby mengatakan baru saja menjual berlian biru 12,03 karat dengan harga 55 juta dolar AS atau senilai 803 miliar rupiah yang dijual pada 11 November lalu. Pelelangan tersebut juga terjadi di Jenewa, tepat sehari setelah lelang Christie.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement