Kamis 03 Dec 2015 10:55 WIB

Racun Ikan Batu Bermanfaat Bantu Pengobatan Kanker

Ikan batu Australia dapat menyebabkan rasa sakit yang luar bisa, kerusakan jaringan sel dan bahkan kematian.
Foto:

"Kita sangat terkejut ketika menemukan kandungan protein dalam ikan batu ini ternyata berkaitan dengan senjata utama yang digunakan oleh sistem imun tubuh manusia dalam menghilangkan sel-sel yang terinfeksi secara viral dan bersifat ganas seperti sel kanker. "

 

Respon sistem imun ini memainkan peran penting dalam menggagalkan hingga 30 persen transplantasi sumsum tulang, yang digunakan dalam pengobatan leukemia.

 

Jadi memahami bagaimana protein ini membentuk pori dapat membantu para ilmuwan menemukan cara untuk mencegah terbentuknya pori-pori tersebut sesering mungkin, terutama melalui pengembangan penekan sistem imun tubuh.

 

"Ini memberi kita gambaran tentang bagaimana protein ini bisa berhimpun menjadi besar dan membentuk pori-pori berbentuk cincin," kata Whisstock.

 

"Dan informasi dari struktur dalam racun ikan batu itu ternyata secara aktif menginformasikan kita mengenai program penemuan obat yang terjadi pada saat ini.

"Struktur racun ikan batu benar-benar memberikan kita sejumlah informasi fantastis mengenai bagaimana mengembangkan molekul yang lebih baik untuk mencegah sistem kekebalan tubuh untuk menjalankan fungsinya ketika kita sedang tidak menginginkannya, misalnya menolak transplantasi organ.

 

Profesor Seymour mengatakan racun sesekali bisa mengandung informasi yang penting dan kemungkinan itu perlu di eksplorasi.

 

"Jika anda bisa mengetahui apa sebenarnya struktur dan komponen dari masing-masing potongan-potongan dalam racun ini, maka kita bisa meneliti struktur tersebut dan akhirnya menemukan senyawa baru dari racun tersebut," katanya.

 

Para peneliti berharap dapat  mengembangkan molekul, yang dapat dipindahkan ke pengaturan klinis medik dalam tiga tahun ke depan.

 

Baca juga:

'Irak tak Perlu Pasukan Darat Asing untuk Perangi ISIS'

Assad: Serangan Udara Rusia Perlemah ISIS

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-12-02/racun-ikan-batu-ternyata-bermanfaat-bantu-pengobatan-kanker/1521510
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement