Jumat 11 Dec 2015 09:07 WIB

Tiga Senior Pengurus Keuangan ISIS Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Bilal Ramadhan
Para militan ISIS (ilustrasi).
Foto: AP
Para militan ISIS (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Kepala keuangan ISIS dilaporkan tewas dalam serangan udara koalisi pimpinan AS, Kamis (10/12). Kolonel Steve Warren mengatakan Muwaffaq Mustafa Mohammed al Karmoush alias Abu Salah dan dua pemimpin senior lain tewas dalam serangan baru-baru ini.

Warren mengonfirmasi kematian mereka melalui video call dari Baghdad. Abu Salah termasuk dalam daftar Counter Terrorism Desaignations milik Perbendaharaan AS. Ia merupakan individu yang terkena sanksi.

Menurut daftar, ia lahir pada 1973. Warren menyebut Abu Salah sebagai salah satu anggota paling berpengalaman dan paling senior. "Membunuh ia dan para pendahulunya akan mengacaukan pengetahuan juga talenta yang dibutuhkan untuk pendanaan organisasi," kata Warren.

(Baca: Pentagon: Perang Anti-ISIS Bukan Perang Melawan Islam)

Dua pemimpin senior lain yang tewas adalah Abu Mariam dan Abu Waqman al Tunis. Abu Mariam adalah ketua senior yang bertanggung jawab dalam aktivitas pemerasan sementara al Tunis bertugas mengoordinasi transfer anggota, senjata dan informasi.

Menurut Brett McGurk, wakil khusus presidenan AS dalam koalisi global melawan ISIS, ketiga anggota senior ini tewas dalam kampanye koalisi menghancurkan infrastruktur keuangan ISIS. Sebelumnya, Pentagon juga mengonfirmasi kematian seorang pemimpin ISIS di Libya, Abu Nabil. Ia tewas dalam serangan jet F-15 di kota timur Derna pada 13 November.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement