Selasa 29 Dec 2015 14:21 WIB

69 Jurnalis Tewas Tahun Ini, Paling Banyak Dibunuh ISIS dan Alqaidah

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Jurnalis demo kecam kebrutalan aparat kepolisian.
Foto: Antara
Jurnalis demo kecam kebrutalan aparat kepolisian.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sebanyak 69 wartawan tewas di seluruh dunia saat menjalankan pekerjaannya di tahun ini. Setidaknya 28 dari mereka dibunuh oleh kelompok militan, termasuk Alqaidah dan ISIS.

Komite Pelindung Wartawan mengatakan, Suriah adalah tempat paling mematikan bagi wartawan, meskipun jumlah kematian pada 2015 ini, lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya dalam konflik. "Wartawan adalah yang paling rentan," ujar Direktur Eksekutif Komite Joel Simon.

Ia mengatakan, wartawan yang bekerja di Suriah dan daerah lain yang dibanjiri dengan ekstrimis Islam memiliki risiko luar biasa. Mereka dibunuh oleh kelompok-kelompok ekstrimis Islam tahun ini, termasuk delapan wartawan tewas dalam serangan di Paris pada Januari di kantor majalah satir Charlie Hebdo.

Pada Oktober, dua wartawan Suriah Fares Hamadi dan Ibrahim Abd al-Qader dibunuh oleh militan ISIS. Selain yang tewas di daerah konflik, wartawan di beberapa juga tewas setelah melaporkan pemberitaan yang sensitif. Setidaknya 28 wartawan yang tewas telah menerima ancaman sebelum kematian mereka.

Di Brasil, seorang penyiar radio yang sering dikritik polisi setempat dan politisi Gleydson Carvalho tewas ditembak saat melakukan penyiaran acara di radionya Agustus sore. Komite melacak ada enam pembunuhan di Brasil tahun ini. Angka tersebut adalah yang tertinggi selama ini.

"Wartawan adalah target dan (data dari komite) ini hanya menegaskan hal itu," ujar Simon.

Negara-negara lain dengan beberapa wartawan yang tewas termasuk Bangladesh di mana kelompok-kelompok ekstrimis diduga menyebabkan kematian empat blogger dan penerbit. Sudan Selatan di mana lima jurnalis yang bepergian dengan seorang pejabat lokal tewas dalam penyergapan oleh kelompok bersenjata tak dikenal.

Kematian di Bangladesh, termasuk serangan kepada blogger Bengladesh-Amerika dan penulis Avijit Roy Februari lalu. Serangan dilakukan dengan parang di jalanan yang ramai di Dhaka. Irak, Yaman dan Brasil juga melihat setidaknya lima wartawan tewas pada 2015.

Komite Pelindung Wartawan memperingatkan bahwa semakin sulit untuk mengetahui kematian wartawan di tempat-tempat konflik seperti Libya, Yaman dan Irak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement