Senin 18 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Kapten Cook Temukan Kepulauan Hawaii

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Indahnya alam di Maui, Hawaii
Foto: ist
Indahnya alam di Maui, Hawaii

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 18 Januari 1778, penjelajah Inggris Kapten James Cook menjadi orang Eropa pertama yang menemukan Kepulauan Hawaii ketika ia berlayar melewati pulau Oahu. Dua hari kemudian, ia mendarat di Waimea, pulau Kauai yang merupakan kelompok kepulauan Sandwich.

Pada 1768, Cook, seorang surveyor di Royal Navy ditugaskan sebagai letnan komando di kapal HMS Endeavor dan memimpin ekspedisi yang membawa ilmuwan ke Tahiti untuk memetakan perjalanan planet Venus. Pada 1771, ia kembali ke Inggris setelah menjelajahi pantai Selandia Baru, Australia dan mengelilingi dunia.

Mulai 1772, ia memerintahkan misi utama ke Pasifik Selatan dan selama tiga tahun ke depan menjelajahi wilayah Antartika, memetakan Hebrides Baru dan menemukan Kaledonia. Pada 1776, ia berlayar dari Inggris lagi sebagai komandan di kapal HMS Resolution dan Discovery.

Pada 1778, ia melakukan kunjungan pertamanya ke Kepulauan Hawaii. Cook dan krunya disambut oleh penduduk Hawaii yang terpesona oleh kapal-kapal Eropa dan menggunakan besi.

Kapal-kapal itu membuat perhentian singkat di Ni'ihau dan menuju utara untuk mencari ujung barat dari bagian barat laut Atlantik Utara ke Pasifik. Hampir satu tahun kemudian, dua kapal Cook kembali ke Kepulauan Hawaii dan menemukan pelabuhan yang aman di Pelabuhan Kealakekua Hawaii.

Kealakekua Bay atau Pelabuhan Kealakekua dianggap pelabuhan suci Lono, dewa kesuburan Hawaii. Pada saat kedatangan Cook, penduduk setempat yang melakukan festival  untuk Lono Cook dan sebangsanya disambut sebagai dewa. Pada bulan berikutnya mereka memanfaatkan niat baik penduduk Hawaii.

Setelah salah satu awak kapal meninggal, mengekspos orang Eropa sebagai orang biasa, hubungan pun menjadi tegang. Pada 4 Februari 1779, kapal-kapal Inggris berlayar dari Kealakekua Bay, tetapi laut yang buruk merusak bagian tiang Resolution. Setelah hanya sepekan  di laut, ekspedisi terpaksa kembali ke Hawaii.

Penduduk Hawaii menyambut Cook dan anak buahnya dengan melemparkan batu. Mereka kemudian mencuri kapal cutter kecil dari Discovery. Negosiasi dengan Raja Kalaniopuu untuk kembalinya cutter gagal setelah kepala Hawaii ditembak mati dan segerombolan warga Hawaii turun menyerang pasukan Cook.

Kapten dan anak buahnya membuat penduduk Hawaii marah, mereka kewalahan dan hanya beberapa yang berhasil melarikan diri dan menyelamatkan diri ke Resolution. Kapten Cook sendiri dibunuh massa.

Beberapa hari kemudian, orang Inggris membalas dengan menembakkan meriam dan senapan mereka di pantai, menewaskan sekitar 30 penduduk Hawaii. Resolution dan Discovery akhirnya kembali ke Inggris.

Selanjutnya: Pembicaraan Damai Perang Dunia I Digelar

 

 

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement