Jumat 08 Jan 2016 15:58 WIB

Kebakaran Semak, 100 Rumah Musnah di Australia Barat

Kebakaran di Australia Barat ini sudah menghanguskan 53 ribu hektare lahan.
Foto: abc
Kebakaran di Australia Barat ini sudah menghanguskan 53 ribu hektare lahan.

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA BARAT -- Tiga warga dari kawasan Yarloop masih belum diketahui nasibnya, dengan hampir 100 rumah hangus terbakar dalam kebakaran semak besar di Australia Barat, sementara seorang pria dilaporkan terkena sambaran petir di Pinjarra.

Kebakaran yang sekarang disebut Kebakaran Waroona ini sudah menghanguskan lahan seluas 53 ribu hektar, dan masih mengancam beberapa kota kecil di kawasan di sebelah selatan ibukota Australia Barat, Perth tersebut.

Salah satu kota yang terancam adalah Harvey yang dikenal sebagai kota yang memproduksi susu dan daging sapi. Kawasan Yarloop ini terletak sekitar 124 kilometer dari Perth.

Sejauh ini, 95 rumah sudah musnah di Yarloop, ditambah dengan sejumlah bangunan termasuk bangunan bersejarah. Situasi darurat masih dinyatakan berlaku untuk daerah sekitar seperti Harvey dan Waroona, dan juga Preston Beach.

Kondisi di lapangan dilaporkan 'sangat menyulitkan' dengan arah api susah diduga dan diperburuk dengan angin yang kencang, kata Komisioner Layanan Darurat dan Pemadam Kebakaran Australia Barat  Wayne Gregson.

"Menurut dugaan kami, di Yarloop, jumlah kerusakan paling besar." 

"Sejauh ini yang sudah bisa dikonfirmasi adalah musnahnya 95 rumah, sejumlah bangunan di dalam kota tersebut, termasuk gedung bersejarah, pabrik, dan sebuah sekolah 70 persen mengalami kerusakan." katanya lagi.  "Yang juga rusak adalah kantor pos, toko di dekatnya, dan bahkan juga bangunan stasiun pemadam kebakaran."  "Yang juga belum diketahui nasibnya adalah tiga orang warga Yarloop. Kami sedang mencari kabar mereka."

 

Baca juga:

Respons Tes Nuklir Korut, Korsel Siarkan K-Pop di Perbatasan

Sejarah Hari Ini: Elvis Presley Lahir

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-01-08/hampir-100-rumah-musnah-dalam-kebakaran-semak-di-australia-barat/1533856
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement