Ahad 10 Jan 2016 12:55 WIB

AS Rilis Video Roket Iran di Dekat Kapal Perang Amerika

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Winda Destiana Putri
Roket (ilustrasi)
Foto: EPA/Bill Ingalls
Roket (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Angkatan Laut Amerika Serikat merilis video hitam-putih yang menunjukkan tindakan provokatif Garda Revolusi Iran, Sabtu (9/1). Gambar tersebut diambil oleh sebuah helikopter Amerika pada 26 Desember lalu.

Rekaman video menunjukkan Garda Revolusi Iran menembakkan roket terarah ke dekat kapal perang teramsuk kapal induk Harry S Truman di Selat Hormuz.

Namun Iran pada akhir Desember membantah bila Garda Revolusi telah meluncurkan roket seperti yang diklaim AS, Juru bicara Garda Revolusi mengatakan tuduhan AS tersebut adalah palsu dan merupakan perang psikologis.

Dilansir Reuters Angkatan Laut AS mengatakan, rekaman radar inframerah menunjukkan serangan cepat Iran di dekat pantai meluncurkan beberapa roket pada 26 Desemeber. Roket jatuh di dekat Truman, rudal perusak USS Bulkkeley, pergat FS Provence dan kapal komersial di selat Malaka yang sibuk.

Sengketa ini menggarisbawahi adanya ketegangan yang sedang berlangsung antara AS dan Iran meskipun keduanya terlibat perjanjian internasional tahun lalu yang mengekang program nuklir Iran. Video berdursi 30 detik tersebut diambil oleh helikopter Seahawk.

Pada 29 Desember, Militer AS menjelaskan insiden yang dinlai provokatif, tidak aman dan tidak profesional itu. Militer AS juga mempertanyakan komitmen Iran terhadap keamanan jalur laut yang penting bagi perdagangan internasional itu.

Komando pusat AS mengaku, saat itu Iran hanya memberi pemberitahuan 23 menit sebelum penembakan roket.

Truman dan dua kapal perang lainnya adalah bagian dari koalisi pimpinan AS yang mendukung serangan udara terhadap pasukan ISIS dan mengakhiri rezin Presiden Suriah Bashar al Assad. Sementara Iran bersama Rusia berada di sisi yang mendukung Assad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement