Ahad 17 Jan 2016 02:58 WIB

Astronot Inggris Unggah Selfie dari Luar Angkasa

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Astronot Tim Peake memperlihatkan perjalanannya di luar angkasa.
Foto: Twitter Tim Peake
Astronot Tim Peake memperlihatkan perjalanannya di luar angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Astronot Inggris Tim Peake mengunggah foto selfie atau swafoto dirinya di luar angkasa. Foto yang ditayangkan di akun Twitter itu diambil saat dirinya melakukan spacewalk (berjalan di luar angkasa), Jumat (15/1) lalu.

"#Spacewalk yang menggembirakan hari ini akan terkenang selamanya - perasaan yang luar biasa!" demikian bunyi tweet Peake, berikut foto dirinya dalam pakaian astronot yang menunjukkan refleksi kamera di kaca helm-nya.

Peake dan astronot AS Tim Kopra berada di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) selama empat jam dan 43 menit. Dua astronot itu mengganti regulator tegangan yang rusak dan menyebabkan hilangnya daya ke salah satu dari delapan saluran kekuatan stasiun sejak November lalu.

Setelah mengganti kotak listrik yang terhubung ke panel surya stasiun, mereka ditarik masuk kembali ke stasiun karena masalah keamanan. Dalam blog-nya, Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) mengatakan Kopra melaporkan gelembung air kecil telah terbentuk di dalam helmnya.

NASA menegaskan kedua awak mereka aman dan telah kembali ke airlock. Perjalanan spacewalk Astronot Tim Kopra dan Tim Peake berakhir pukul 12.31 EST.

Tweet lain dari Peake menyampaikan rasa terima kasih kepada tim kontrol yang membantu mereka. Ia berkicau, "Mengakhiri kegiatan angkasa hari ini. Terima kasih banyak bagi seluruh tim yang membuat semua ini mungkin dan menjaga kami aman di luar sini. Kalian keren!"

Peake adalah astronot pertama dari Inggris yang mengunjungi ISS. Ia tiba pada 15 Desember dan akan menetap selama enam bulan. Sementara, perjalanan luar angkasa itu merupakan yang ketiga bagi Kopra, dikutip dari IB Times.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement