Ahad 19 Jun 2016 05:00 WIB

Enam Bulan di Luar Angkasa, Astronot Inggris Pulang ke Bumi

Rep: Kabul Astuti/ Red: M Akbar
Tim Peake
Foto: www.telegraph.co.uk
Tim Peake

REPUBLIKA.CO.ID, KAZAKHSTAN -- Astronot Inggris, Tim Peake, kembali ke bumi setelah menghabiskan waktu enam bulan di Stasiun Luar Angkasa International.

Peake mendarat di Kazakhstan dalam kapsul Soyuz bersama kosmonot Rusia Yuri Malenchenko dan astronot AS Timothy Kopra, pada Sabtu (18/6) sore.

"Aroma bumi benar-benar kuat, sangat menyenangkan kembali ke bumi," kata Peake, dilansir dari UPI, Ahad (19/6). "Saya berharap dapat segera bertemu keluarga," imbuh dia.

Peake terpilih dari 8000 pendaftar untuk mengikuti pelatihan astronot Badan Antariksa Eropa pada 2009. Begitu mendarat, Peake langsung mengungkapkan kebahagiannya dapat kembali ke bumi setelah enam bulan tinggal di ruang angkasa. Ia mengatakan kemungkinan butuh beberapa saat untuk membiasakan diri hidup di bumi lagi.

Mungkin butuh dua atau tiga hari sebelu dia merasa baik. Dalam hal pedatana tulang bahkan mungkin butuh beberapa bulan. Menurut dia, akan sangat menarik melihat perubahan yang terjadi berangsur-angsur pada panca inderanya saat beradaptasi.

Di kapal ISS, Peake dan dua awak pesawat lainnya bertanggung jawab untuk melakukan penelitian ilmiah dalam bidang biologi, bioteknologi, dan sains.

"Kami benar-benar dalam posisi yang sangat istimewa di sini. Kami memiliki tanggung jawab yang sangat berkaitan dengan ilmu yang coba kami lakukan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement