Senin 25 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Presiden AS Siaran Langsung Konferensi Pers Pertama

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Siaran langsung konferensi pers pertama yang dilakukan Presiden AS John F Kennedy pada 25 Januari 1961.
Foto: jfklibrary.org
Siaran langsung konferensi pers pertama yang dilakukan Presiden AS John F Kennedy pada 25 Januari 1961.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini 1961, Presiden John F Kennedy menjadi Presiden Amerika Serikat pertama yang mangadakan konferensi pers secara langsung di televisi. Dari podium di Departemen Luar Negeri, ia membaca pernyataan mengenai kelaparan di Kongo, pembebasan dua penerbang Amerika dari tahanan Rusia dan negosiasi perjanjian larangan uji atom.

Kennedy kemudian membuka kesempatan bagi wartawan bertanya. Ia pun menjawab pertanyaan dengan berbagai topik termasuk hubungan dengan Kuba, hak suara dan bantuan pangan bagi penduduk miskin Amerika.

Sejak debat presiden di televisi dengan Richard Nixon pada 1960, Kennedy telah menyadari kekuatan besar media untuk mempengaruhi publik.Kennedy tahu dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, penampilannya akan mempengaruhi apa yang ia katakan. Pada hari ini, 1961 Kennedy tampil tenang dan menanggapi pertanyaan wartawan dengan kecerdasan dan kesopanan.

Kemampuan Kennedy untuk menebarkan pesona, kecerdasan, kekuatan dan keterbukaan didefinisikan sebagai gambaran presiden di era media massa.

Selanjutnya: Berlian Terbesar Dunia Ditemukan

 

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement