Selasa 19 Jan 2016 06:58 WIB

Pesan Damai Jokowi Kepada Iran dan Arab Saudi

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Joko Widodo mengirimkan surat yang berisi pesan perdamaian kepada dua negara timur tengah yang sedang berkonflik Arab Saudi dan Iran.
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Presiden Joko Widodo mengirimkan surat yang berisi pesan perdamaian kepada dua negara timur tengah yang sedang berkonflik Arab Saudi dan Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi telah menyampaikan surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Istana Al-Yamamah, Senin (18/1). Surat tersebut  berisi pesan perdamaian.

Dalam suratnya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya stabilitas dan perdamaian di kawasan, pentingnya hubungan baik Arab Saudi dan Iran, serta kesediaan Indonesia untuk membantu memperbaiki situasi hubungan kedua negara.

Raja Salman menyambut baik perhatian yang diberikan Indonesia tersebut dan menegaskan kesiapan negaranya untuk menjalin hubungan baik dengan semua negara Islam termasuk Iran. Hubungan baik ini sesuai dengan prinsip saling menghormati dan tidak mencampuri urusan dalam negeri masing masing negara. 

“Arab Saudi menghargai langkah Indonesia sebagai negara pertama yang menyampaikan kesiapan untuk membantu terciptanya perdamaian di Timur Tengah termasuk terjalin kembalinya hubungan baik antara Arab Saudi dan Iran,” ujar Retno melalui siaran resmi Kementerian Luar Negeri.

Sebelumnya, surat serupa juga telah dilserahkan Retno kepada Presiden Iran Hassan Rouhani di Teheran, Rabu (13/1). Sebagai sahabat Arab Saudi dan Iran, Jokowi berharap eskalasi ketegangan antara Arab Saudi dan Iran dapat diturunkan. Ia juga menekankan pentingnya menjaga komunikasi, termasuk pada akar permasalahan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement