Selasa 26 Jan 2016 06:59 WIB

Siapkan Serangan ke Eropa, ISIS Bangun Kamp-Kamp Rahasia

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Teguh Firmansyah
Gerakan ISIS
Foto: Youtube
Gerakan ISIS

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Kelompok teror ISIS telah mendirikan kamp-kamp pelatihan rahasia di seluruh Eropa. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan militan melaksanakan serangan di Inggris atau negara Uni Eropa lainnya.

Badan polisi internasional Europol mengatakan, selain basis di Suriah, organisasi barbar tersebut memiliki kamp pelatihan dengan skala yang lebih kecil di UE dan negara-negara Balkan.

Kamp akan mencakup pelatihan kelangsungan hidup dan kegiatan olahraga untuk membantu militan mempersiapkan pertempuran dan perlawanan interogasi.

"Pelatihan kelangsungan hidup memungkinkan perekrut ISIS untuk menguji kebugaran dan penetapan calon anggota mereka," kata Europol dilansir the Telegraph, Senin (25/1).

ISIS kemungkinan melihat kesempatan merekrut pengungsi yang melarikan diri ke Eropa. Namun Europol menolak mengatakan di mana negara-negara terdapatnya kamp.

Tahun lalu, desa-desa terpencil di Bosnia berubah menjadi kamp-kamp pelatihan teror oleh ISIS. Lembaga ini juga memperingatkan ancaman ISIS yang telah mengembangkan spesialis tindakan eksternal untuk merencanakan dan melakukan serangan di Barat dan seluruh dunia.

Baca juga, ISIS Berbahasa Melayu Ancam Malaysia.

Kelompok teror tersebut akhir pekan lalu merilis video baru yang menampilkan banyaknya pelatihan penyerang Paris sebelum kekejaman 13 November tahun lalu. Video itu juga menunjukkan Inggris akan menjadi target berikutnya karena bergabung dengan serangan udara di Suriah.

"Dalam memilih apa yang diserang, kapan dan bagaiamana ISIS menunjukkan kapasitasnya untuk menyerang, setiap saat dan hampir di semua target yang dipilih," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement