Rabu 03 Feb 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: AS Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Jerman

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Hitler dalam Perang Dunia I
Foto:
Foto hitam putih Perang Vietnam (Ilustrasi)

Pada 3 Februari 1994, Presiden AS Bill Clinton mengangkat embargo pada Vietnam yang sudah berusia 19 tahun. Embargo tersebut pertama kali diterapkan pada 1975 ketika pasukan Vietnam utara berhasil menduduki kota Saigon di Vietnam selatan selama perang Vietnam.

Presiden Clinton mengangkat embargo untuk meningkatkan upaya kerjasama antara AS dengan Vietnam. Clinton percaya bahwa meningkatkan hubungan bisnis dengan akan membawa keuntungan pada ekonomi kedua negara.
Amerika saat itu tertarik untuk melebarkan sayap bisnis di Asia. Vietnam menyambut baik hal tersebut. Meski demikian, upaya ini diprotes keras oleh veteran dan keluarga korban tewas perang.
Rakyat AS percaya bahwa bekerja sama dengan Vietnam berarti melecehkan kenangan mereka yang berjuang dan membela negara. Mereka juga tidak percaya pada warga Vietnam, seperti pemerintahnya yang memiliki kebiasaan memberi informasi salah pada pejabat AS.
Pada tahun 2000, enam tahun setelah mengangkat embargo, Clinton menjadi presiden AS pertama yang mengunjungi Vietnam sejak sebelum perang. "Sejarah yang kita tinggalkan sangat menyakitkan dan berat. Kita pasti tidak bisa melupakannya, tapi kita tiba boleh dikendalikan olehnya," kata dia.

sumber : History.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement