Jumat 05 Feb 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Bom Nuklir Jatuh dan Tidak Pernah Ditemukan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Bom Nuklir B53 berkekuatan 9 Megaton
Foto:
Gempa Bumi

Pada 5 Februari 1783, gempa bumi berkekuatan sekitar 7,5-8,0 SR mengguncang provinsi Calabria pada pukul 1 siang waktu setempat. Dalam satu menit, 100 desa hancur. Tidak ada yang selamat atau mampu menyelamatkan diri dari struktur kehidupan yang ada.

Gempa ini juga menyebabkan sejumlah retakan tak biasa di permukaan Bumi. Salah satu retakan dengan lebar 100 kaki sepanjang satu mil. Satu laporan menyebutkan, 100 kambing jatuh ke dalamnya.

Seorang saksi mengaku melihat dua gunung di sisi berlawanan 'berjalan' dari posisi semula hingga bertemu di tengah-tengah. Hal ini menimbulkan terbentuknya danau baru. Para penduduk kota Scilla selamat dari gempa pertama dan melarikan diri kepantai. Ketika gempa kedua mengguncang, mereka semua tewas terhempas tsunami.

Tsunami membunuh ribuan orang di Reggio, Calabria dan Messina. Bencana tidak berhenti hingga musim dingin tiba. Pasokan makanan habis hingga penduduk yang masih tersisa menderita kelaparan. Gempa tambahan terjadi pada 28 Maret dan menewaskan lebih dari 2.000 orang. Konon, total korban tewas dalam bencana gempa ini mencapai 80 ribu orang. Untuk ukuran tahun 1783, jumlah ini termasuk sangat besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement