Ahad 07 Feb 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Raja Yordania Hussein Meninggal

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Raja Yordania Hussein bin Talal
Foto:
Gempa Bumi

Lebih dari satu abad lalu, 7 Februari 1812, serangkaian gempa bumi menyebabkan tsunami sungai di Mississippi. Kejadian yang disebut tsunami fluvial ini menyebabkan air sungai mengalir ke arah yang berlawanan. 

Rangkaian gempa terus terjadi sejak Desember 1811 hingga Maret 1812. Ini menjadi gempa paling kuat dalam sejarah Amerika Serikat. Jika dikonversi menjadi saat ini, gempa berkisar 8,6 Skala Richter. 
Sejumlah desa hancur karena tertutup longsor yang dipicu gempa. Tremor berkelanjutan ini juga menyebabkan aliran sulfur dari bawah tanah naik ke permukaan hingga mengalir di sungai. Sulfur membanjiri ribuan hektar hutan.
Tremor terkuat terjadi pada 7 November dengan kekuatan sekitar 8,8 magnitude. Keadaan darurat diumumkan. Air sungai menjadi coklat. Sebuah laporan menyebut terjadi patahan di sungai hingga seketika menimbulkan air terjun di tengah sungai.
Rangkaian gempa ini berakhir pada Maret meski efek psikologis membekas hingga beberapa tahun kemudian. Sekitar 1.000 orang tewas dalam bencana tersebut. Angka pasti tidak deketahui karena pencacatan populasi masih sangat lemah.

 

 

sumber : History.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement