Jumat 26 Feb 2016 06:51 WIB

Sejarah Hari Ini: Bom Meledak di World Trade Center

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Police Line
Foto: ipenz.org.nz
Bendungan (ilustrasi)

Sebuah bendungan runtuh di West Virginia pada hari ini pada tahun 1972. Runtuhnya dam membuat lembah banjir dan menewaskan 118 orang. Sebanyak 4.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Pertambangan batubara adalah industri utama di Logan County, Virginia Barat, pada 1970-an. Pertambangan seperti ini menimbulkan banyak komplikasi lingkungan dan salah satu di antaranya adalah pembuangan yang aman dari produk, yang dikenal sebagai tailing. 
Jika tailing dibuang di bukit-bukit, mereka dapat menyebabkan tanah longsor. Jika ditempatkan di lembah, mereka dapat memblokir sungai dan menyebabkan banjir.
Di Virginia Barat Buffalo Creek Valley, tailing dari tambang batubara digunakan untuk bendungan Buffalo Creek. 
Namun tailing dapat menjadi tidak stabil, terutama ketika hujan lebat. Pada bulan Februari tahun 1972, tiga hari hujan memperburuk kondisi bendungan kecil. 
Pada 26 Februari di 08:01 pagi, bendungan runtuh dan air menderu ke lembah. Sekitar 4.000 orang tinggal di 17 kota dan desa di Buffalo Creek Lembah pada saat itu.
Ratusan rumah dan bangunan yang tersapu oleh banjir yang kuat.  Meskipun perkiraan jumlah korban tewas bervariasi, diyakini bahwa setidaknya 118 orang kehilangan nyawa mereka. Buffalo Mining Company, yang bertanggung jawab atas tailing, terpaksa membayar 30 juta dolar AS karena kerusakan.

sumber : History.com/bbc
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement