Rabu 02 Mar 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Lahirnya Penulis Buku Anak Dr Seuss

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Penulis buku anak-anak Dr Seuss.
Foto: biography
Penulis buku anak-anak Dr Seuss.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 2 Maret 1904, Theodor Geisel atau lebih dikenal dengan Dr Seuss lahir. Ia merupakan penulis dan ilustrator buku anak-anak terkemuka, yang dikenal dengan sajak aneh dan karakternya yang unik.

Penulis kelahiran Springfield, Massachusetts tersebut lulus dari Dartmouth Collede di mana ia pernah menjadi editor majalah humor. Geisel juga pernah belajar di Universitas Oxford. Buku anak-anak pertama yang ditulisnya, And to Think That I Saw It On Mulberry Street sempat ditolak banyak penerbit.

Seperti dilansir History.com, buku terlaris Geisel berjudul The Cat in The Hat, diterbitkan pada 1957. Dr Seuss telah menulis 48 buku termasuk beberapa buku dewasa, dan telah terjual lebih dari 200 juta kopi. Buku-bukunya juga telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa.

Buku-buku Dr Seuss yang ternama termasuk karya klasik seperti Yertle Turtle, If I Ran The Circus, Fox in Socks dan One Fish, Two Fish, Red Fish, Blue Fish. Banyak pula karyanya yang telah diadaptasi ke dalam tayangan televisi dan film.

Tak hanya buku anak-anak, Dr Seuss juga menerbitkan sebuah buku untuk dewasa berjudul How the Grinch Stole Christmas! dan Horton Hears a Who! pada 1990. Geisel yang tinggal dan bekerja di sebuah observatorium tua di La Jolla California meninggal pada 24 September 1991.

Selanjutnya: Texas Merdeka dari Meksiko

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement