Jumat 11 Mar 2016 08:10 WIB

Korut Tingkatkan Kemampuan Persenjataan Nuklir

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Teguh Firmansyah
Citra satelit yang menunjukkan lokasi reaktor nuklir Korea Utara (Korut) Yongbyon.
Foto: reuters
Citra satelit yang menunjukkan lokasi reaktor nuklir Korea Utara (Korut) Yongbyon.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL – Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, memerintahkan jajarannya untuk terus meningkatkan kemampuan persenjataan nuklir dengan terus melakukan uji coba.

Hal itu disampaikan Kim ketika meninjau hulu ledak nuklir yang diciptakan tim ilmuwan Korut di suatu tempat yang dirahasiakan. Demikian laporan kantor berita Korut, KCNA, Jumat (11/3).

Seperti dikutip Reuters, Kamis (10/3), Korut telah meluncurkan dua misil jarak pendek yang mampu menjangkau jarak 500 km dan menghujam ke lautan.

“Pemimpin kita, Kim Jong-un, memerintahkan terus memperkuat kemampuan serangan nuklir dengan melanjutkan uji coba. Persenjataan nuklir terus dikembangkan,” demikian laporan KCNA seperti dilansir //Reuters//, Jumat (11/3).

Ketegangan semakin meningkat di Semenanjung Korea setelah negara komunis itu melakukan uji coba nuklir keempatnya pada Januari lalu. Korut juga meluncurkan roket jarak jauhnya sehingga memaksa Dewan Keamanan PBB menjatuhkan sanksi baru terhadap negara itu.

Meskipun telah mendapatkan sanksi DK PBB, Korea Utara terus melakukan uji coba hulu ledak nuklir. Diduga, Korut memiliki banyak stok misil jarak dekat dan sedang mengembangkan misil jarak jauh.

 Korut juga mengklaim telah berhasil menguji coba bom hidrogen pada Januari lalu, meskipun para ahli meragukannya. Kim bertekad untuk meningkatkan kesiagaan perang terhadap negara tetangganya, Korea Selatan, dan Amerika Serikat (AS). 

Baca juga, Korut Umumkan Rencana Peluncuran Roket.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement