Rabu 16 Mar 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Ribuan Orang Tewas dalam Serangan Gas Beracun Irak

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Seorang pria meletakkan bunga di salah satu makam korban serangan gas beracun di Halabja, Irak pada 16 Maret 1988.
Foto:
Pada 16 Maret 1751, James Madison seorang konseptor konstitusi, penulis Federalist Papers dan presiden keempat Amerika Serikat lahir di sebuah perkebunan di Virginia.

Pada 16 Maret 1751, James Madison seorang konseptor konstitusi, penulis Federalist Papers dan presiden keempat Amerika Serikat lahir di sebuah perkebunan di Virginia. Madison dikenang karena peran pentingnya dalam Konvensi Konstitusi 1787, di mana ia mempresentasikan Virginia Plan kepada delegasi yang menyebabkan penyusunan akhir Konstitusi.

Dilansir History.com, Madison sempat mengenyam pendidikan di College of New Jersey atau kini lebih dikenal dengan Universitas Princeton. Ia mampu menyelesaikan empat tahun masa studi hanya dalam waktu dua tahun.

Pada 1794 Madison menikahi seorang janda muda, Dolley Payne Todd. Dolley Madison mendapat tempat khusus dalam memori bangsa Amerika karena menyimpan potret George Washington sebelum melarikan diri saat pembakaran Gedung Putih selama perang 1812.

Setelah pensiun dari politik, Madison mengabdi pada Universitas Virginia sebagai rektor. Pada 1938, State Teachers College di Harrisonburg, Virginia, berganti nama menjadi Madison College untuk menghormati Madison. Pada 1976, Madison Collage berubah nama menjadi James Madison University.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement