Kamis 24 Mar 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Sang 'Ratu Perawan' Meninggal Dunia

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Ratu Elizabeth I
Foto: all-that-is-interesting.com
Ratu Elizabeth I

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah 44 tahun memerintah, Ratu Elizabeth I dari Inggris meninggal dunia pada 24 Maret 1603. Pascakematiannya, Raja James VI dari Skotlandia naik takhta, menyatukan Inggris dan Skotlandia di bawah monarki tunggal Inggris.

History.com melaporkan, pemerintahan panjang Elizabeth, yang dikenal sebagai "Ratu Perawan" karena keengganannya membahayakan kewenangannya melalui perkawinan, bertepatan dengan era Renaisans Inggris.

Elizabeth I telah membuat Inggris menjadi kekuatan utama dunia dalam segala hal. Ia dikenal sejarah sebagai salah satu ratu terbesar Inggris.

Putri dari Raja Henry VIII dan Anne Boleyn ini naik takhta pada 1559. Di bawah bimbingan awal Sekretaris Negara Sir William Cecil, Elizabeth mencabut undang-undang pro-Katolik Maria, mendirikan Gereja Protestan permanen Inggris, dan mendorong reformasi Calvinis di Skotlandia.

Dengan meningkatnya dominasi Inggris di laut, Elizabeth mendorong pelayaran penemuan. Ia mendukung Sir Francis Drake mengelilingi dunia dan ekspedisi Sir Walter Raleigh ke pantai Amerika Utara.

Selanjutnya: Robert Koch Temukan Bakteri TBC

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement