Selasa 29 Mar 2016 08:15 WIB

Sejarah Hari Ini: Air Terjun Niagara Berhenti Mengalir

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Air terjun Niagara di Amerika Serikat
Bendera Turki dan Israel.

Meski menentang rencana pembagian Palestina, Turki tetap mengakui Israel sebagai negara. Dilansir On This Day, pada 29 Maret 1949, Turki resmi menyatakan memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Kedutaan Besar Turki di Israel diresmikan pada 7 Januari 1950, dengan Seyfullah Esin sebagai kepala misi pertama. Namun Kedutaan Turki diturunkan ke tingkat Kuasa Usaha, setelah krisis Terusan Suez pada 26 November.

Pada 1967, Turki bergabung dengan negara Arab mengecam Israel setelah Perang Enam hari. Turki juga menyerukan Israel mundur dari wilayah pendudukan. Tapi pada pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam di Rabat, Maroko, Turki menentang resolusi yang menyerukan pemutusan hubungan diplomatik dengan Israel.

Sebagai hasil dari perkembangan positif hubungan bilateral, misi Turki di Tel Aviv ditingkatkan pada 1963, kembali ke Kedutaan dan pada 1980 menjadi Kedutaan Besar. Tapi setelah aneksasi Israel di Yerusalem Timur dan klaim mereka yang menyatakan Yerusalem ibukota abadi Israel, maka Turki menurunkan perwakilannya ke tingkat "sekretaris kedua" pada 30 November 1980.

Selanjutnya: Letnan Calley Terbukti Bersalah pada Pembantaian My Lai

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement