Senin 04 Apr 2016 06:35 WIB

Israel Perluas Area Pencarian Ikan Nelayan Gaza

Red: Nur Aini
Nelayan Gaza beraktivitas di pelabuhan di Gaza City.
Foto: Antara
Nelayan Gaza beraktivitas di pelabuhan di Gaza City.

REPUBLIKA.CO.ID,GAZA -- Israel memperpanjang jarak perizinan nelayan Gaza menuju laut di sepanjang wilayah tertentu di garis pantai yang dikuasai oleh kelompok Hamas pada Ahad (3/4).

Zona pencarian ikan yang diperpanjang dari 6 mil laut (11 kilometer) menjadi 9 mil laut (16 kilometer) di sepanjang Gaza tengah dan pantai tenggara merupakan satu kebijakan pihak berwenang Israel yang dianggap dapat membawa hasil penangkapan lebih besar di perairan yang lebih dalam dengan ikan yang lebih melimpah.  Israel, dengan alasan keamanan termasuk kekhawatiran atas penyelundupan senjata oleh Hamas, mempertahankan blokade laut Gaza, dan zona tetap pada 6 mil laut di wilayah utara dekat perbatasan Israel.

Warga Palestina komplain atas seringnya pihak keamanan Israel

mencegat dan mengamankan nelayan yang berkeliaran dari zona tersebut dengan menyita perahu dan peralatan penangkapan ikan mereka.

Ketua Ikatan Nelayan Gaza Nizar Ayyash, menyebut ekspansi tersebut tidak memadai dengan memperhatikan kesepakatan damai sementara Israel dengan Palestina di Oslo, Norwegia, yang menuntut wilayah 20 mil laut (37 kilometer) di Laut Tengah.

Hamas, yang merebut Jalur Gaza pada 2007 dari rivalnya, gerakan Fatah, dan terakhir berjuang dalam peperangan dengan Israel pada 2014, menolak persetujuan Oslo. Ayyash menyebutkan bahwa di Gaza terdapat 4.000 nelayan, rumah bagi 1,95 juta orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement