Selasa 05 Apr 2016 19:35 WIB

Warga Temukan Anak Buaya Tercecer di Sejumlah Tempat

Anak buaya yang berhasil ditangkap kembali oleh warga di Broome.
Foto: abc
Anak buaya yang berhasil ditangkap kembali oleh warga di Broome.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Otoritas Kota Broome masih menyelidiki kasus pencurian atau lolosnya sekitar setengah lusin anak buaya di kawasan mereka. Beberapa ekor dari anak buaya yang hilang itu ditemukan tercecer di kolam renang, di pinggir pantai, terlindas mobil dan beberapa masih belum bisa ditemukan.

Salah seorang petugas taman buaya di Broome mengatakan kebanyakan dari anak buaya itu tampaknya dicuri ketika terjadi penerobosan ke fasilitas mereka akhir pekan lalu.
 
Anak buaya ini pertama kali dilaporkan hilang adalah anak buaya berukuran 20 cm yang ditemukan warga setempat di pinggir pantai Cable dan dibawa ke cafe di sekitar pantai tersebut.
 
Kelin Kamenjuk tengah menjadi pengawas di cafe tersebut ketika itu. "Kami sedang membuat kopi dan melayani pelanggan ketika seorang pria datang ke loket pesanan kami dengan membawa anak buaya kecil. Dia mengaku mendapati anak buaya itu di pantai dan dia meminta ember untuk membawa anak buaya itu ke petugas taman dan hewan setempat," katanya.
"Anak buaya itu tampak seperti buaya pada umumnya dan seperti miniatur buaya dewasa, anak buaya itu terlihat ganas dan kami jadi berpikir - kemana induknya?" katanya.
 
Seorang warga yang lain juga melaporkan melihat anak buaya kecil dan mati di tempat parkir mobil dan tampaknya hewan itu mati terlindas mobil.
 
Penemuan ini amat mengejutkan karena buaya ini tidak dibiakkan atau bersarang di Broome, tetapi lebih memilih daerah muara yang terlindung di bagian muara pantai yang terbuka.Sehingga perhatian warga mengarah ke Taman Buaya Malcolm Douglas tua yang terletak hanya beberapa ratus meter dari pantai.
 
Taman buaya ini sudah ditutup untuk wisatawan selama beberapa tahun, tapi masih menjadi rumah bagi ratusan buaya, banyak dari mereka berbentuk tukik atau anak buaya yang baru ditetaskan.
 
Janda Malcolm Douglas, Valerie mengatakan hewan itu dicuri ketika terjadi penerobosan ke taman mereka pada akhir pekan lalu lalu dilepaskan. "Setiap telur buaya yang ditetaskan berharga sekitar $1000, jadi saya kehilangan dan rugi ribuan dolar,"
 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-04-05/warga-temukan-anak-buaya-tercecer-di-beberapa-lokasi-di-broome/1565848
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement