Jumat 08 Apr 2016 14:32 WIB

Kromosom Y Manusia Neanderthal Menghilang dari DNA Pria Modern

Manusia Neanderthal
Foto: abc
Manusia Neanderthal

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Kromosm Y manusia Neanderthal sama sekali tidak ditemukan dalam DNA pria modern. Hal ini mungkin disebabkan ketidakcocokan genetis yang berakhir pada keguguran.

Demikian terungkap dalam hasil analisa kromosom jenis kelamin manusia Neanderthal yang pertama kalinya dilakukan. Hasil analisa dimuat dalam Jurnal American Journal of Human Genetics.

Menghilangnya kromosom Y manusia Neanderthal ini, menurut analisa tersebut, dipicu oleh ketidakcocokan genetis kedua spesies manusia ini yang menyebabkan terjadinya keguguran. Seperti diketahui, kromosom Y diturunkan secara eksklusif dari garis ayah ke anak laki-lakinya.

"Hingga saat ini, hanya susunan genetika manusia Neanderthal jenis perempuan yang telah dianalisa karena spesies inilah yang kualitas DNA-nya cukup bagus," ujar Dr Fernando Mendez dari Stanford University, yang menuliskan laporan penelitian ini.

"Dengan melakukan karakterisasi atas kromosom Y manusia Neanderthal, kita bisa memahami persebaran populasi yang melahirkan spesies manusia  Neanderthals dan spesies manusia modern. Hal ini juga memungkinkan kita menjajaki interaksi genetis antara gen manusia purba dan manusia modern melalui keturunan yang merupakan perpaduan kedua spesies ini," tambahnya.

Sejauh ini diketahui manusia non-Afrika modern memiliki 2,5 hingga empat persen DNA Neanderthal dalam gen mereka. "Namun kromosom Y ini sangat khusus. Anda bisa mendapatkan seluruhnya atau tidak sama sekali," jelas Dr Mendez lagi.

Bersama timnya, Dr Mendez membandingkan kromosom Y dari peninggalan manusia Neanderthal berusia 49 ribu tahun yang ditemukan di Spanyol, dengan kromosom Y dua manusia modern.

 

Baca: Presiden Argentina akan Diselidiki Terkait Panama Papers

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-04-08/kromosom-y-manusia-neanderthal-menghilang-dari-dna-pria-modern/1567306
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement