Sabtu 09 Apr 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: 180 Orang Tewas Akibat Tornado Dahsyat di Oklahoma dan Texas AS

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Badai Tornado di Amerika Serikat
Badai Tornado di Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID,   Tornado kuat menghantam Kota Woodward, Oklahoma, Amerika Serikat (AS) pada 9 April 1947. Lebih dari 100 jiwa tewas di Woodward, dan 80 orang tewas di tempat lain saat rangkaian puting beliung terjadi di AS. Pada sore hari, tornado pertama melanda di White Deer, Texas.

Di Glazier,Texas, hanya sebuah pompa bensin yang selamat akibat terjangan puting beliung itu. Sementara di Higgins, Texas, sedikitnya 30 orang tewas saat badai angin puyuh terjadi. Jangkauan tornado meluas ke wilayah lainnya. Angin puting beliung itu kemudian mencapai Woodward yang semakin mencekam karena disertai adanya kilat menyambar dan didahului hujan.

Peristiwa tersebut memaksa warga setempat berlari mencari tempat perlindungan. Sekitar pukul 21.00 malam, pembangkit listrik di wilayah tersebut mati dan kota menjadi gelap gulita. Selain itu, saat badai bergerak melalui Woodward, 200 blok perumahan benar-benar diratakan dan hampir 1.000 rumah hancur. Kebakaran terjadi di beberapa tempat, tetapi beruntung  terjadi hujan deras.

Secara keseluruhan, tercatat 107 orang tewas di Woodward dan banyak lainnya mengalami luka-luka. Tornado juga terus bergerak ke Kansas dan menimbulkan kerusakan, namun tidak ada korban meninggal dunia. Penjarahan dilaporkan terjadi di wilayah yang terkena tornado.

Garda Nasional pun dipanggil untuk menertibkan keadaan. Barak tentara kemudian menjadi tempat tinggal sementara sampai rumah mereka bisa dibangun kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement