Rabu 20 Apr 2016 14:29 WIB

93 Persen Terumbu Karang Great Barrier Reef Alami Pemutihan

Pemutihan terumbu karang yang sangat luas terjadi di Great Barrier Reef.
Foto: abc
Pemutihan terumbu karang yang sangat luas terjadi di Great Barrier Reef.

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Satuan Tugas National Coral Bleaching menemukan 93 persen terumbu karang di kawasan Great Barrier Reef Australia saat ini mengalami pemutihan. Fenomena pemutihan karang merupakan indikasi karang tersebut akan mengalami kematian.

Temuan itu terungkap dalam pengamatan udara dan bawah air yang dilakukan Satgas belum lama ini. Tingkat pemutihan karang bervariasi. Pengamatan udara dilakukan terhadap 900 terumbu karang di areal seluas 2.300 km, dan tingkat pemutihan paling parah terjadi di kawasan utara Port Douglas hingga paling rendah sekitar 10 persen di selatan kawasan Mackay.

Anggota Satgas Profesor Terry Hughes menjelaskan pemutihan paling parah terjadi di kawasan utara Great Barrier Reef, yang mencakup areal 1000 KM di utara kawasan Port Douglas.

"Kami belum pernah melihat pemutihan terumbu karang seburuk itu di Great Barrier Reef sebelumnya. Namun kami berharap bagian tengah dan selatan terumbu karang Great Barrier Reef bisa pulih kembali dalam beberapa bulan mendatang," kata Hughes.

"Untungnya kawasan selatan Great Barrier Reef lebih lambat mengalami pendinginan di musim panas akibat badai Winston," jelasnya.

Hughes menjelaskan kondisi menyeluruh pemutihan terumbu karang saat ini lebih buruk dibandingkan kejadian serupa sebelumnya.

"Pada 1998 dan 2002, sekitar 40 persen terumbu karang tidak mengelami pemutihan. Saat ini hanya tujuh persen yang tidak mengalaminya," katanya.

Pakar terumbu karang Profesor Andrew Baird melakukan penyelaman 17 hari terakhir untuk merekam kejadian pemutihan itu. "Tragisnya, bagian utara Great Barrier Reef merupakan kawasan paling terjauh dari jangkauan gangguan manusia. Namun tidak lepas dari pemanasan global. Bagian utara Port Douglas, perhitungan kami kini tinggal sekitar 50 persen terumbuh karang yang mengalami pemutihan telah mati," katanya.

 

Baca: Dua Pria Dipenjara karena Bunuh Pencari Suaka di Manus Island

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-04-20/93-persen-terumbu-karang-great-barrier-reef-alami-pemutihan/1571590
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement