Rabu 20 Apr 2016 15:00 WIB

330 Juta Warga India Terdampak Kekeringan

Sebanyak 330 juta warga India mengalami kekeringan.
Foto: EPA
Sebanyak 330 juta warga India mengalami kekeringan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pemerintah India mengatakan kepada Mahkamah Agung, sebanyak 330 juta orang terdampak kekeringan

Hampir 256 distrik di seluruh India atau rumah bagi seperempat populasi terkena dampak kekeringan. Otoritas mengatakan, jumlah ini akan naik karena sejumlah negara bagian yang mengalami kesulitan air belum melaporkan statusnya.

Dikutip dari BBC, Rabu (20/4), India sangat bergantung pada hujan musiman yang pada dua tahun terakhir turun sedikit sekali. Kekeringan terjadi di saat temperatur sebagian besar India mencapai lebih dari 40 derajat Celcius selama beberapa hari berturut-turut.

Sekolah-sekolah ditutup di Negara Bagian Orissa dan lebih dari 100 kematian terjadi karena serangan panas di seluruh negeri. Musim panas lalu, 2.000 kematian terjadi di Negara Bagian Telangana dan Andhra Pradesh.

Negara bagian di barat Maharashtra adalah salah satu yang paling parah terdampak kekeringan. Masyarakat khawatir kekurangan air di banyak negara bagian menyusul kekeringan dan gagal panen selama dua tahun berturut-turut.

Pemerintah telah meminta pemerintah lokal menyetop memasok air ke kolam renang. Dalam langkah yang mengejutkan, sebuah kereta yang membawa setengah juta liter air minum dikirim ke wilayah Latur.

 

Baca: Jutaan Warga Australia Belum Miliki Akses Internet

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement