Kamis 05 May 2016 15:55 WIB

Tiga Sandera Abu Sayyaf Muncul di Video Minta Dibebaskan

Gerilyawan Abu Sayyaf.
Foto: historycommons.org
Gerilyawan Abu Sayyaf.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tiga orang sandera dari tiga negara berbeda yang diculik dan kemudian ditahan oleh kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina muncul dalam sebuah video. 

Video itu berisi permohonan pria berkebangsaan Kanada, Norwegia dan Malaysia kepada pemerintah ketiga negara itu untuk memenuhi tuntutan penyandera.

Pada pekan lalu, kelompok Abu Sayyaf memenggal sandera Kanada bernama John Ridsdel. Dikutip dari laman BBC,  dalam video itu, ketiga sandera mengatakan jika permintaan itu tidak dipenuhi negaranya maka, "kami akan dieksekusi seperti teman kami John."

Abu Sayyaf meminta uang tebusan jut dolar AS untuk pembebasan para sandera ini. Pemerintah Filipina dan Kanada sudah menegaskan tidak akan memberikan uang tebusan kepada penculik. Filipina juga melancarkan operasi militer melawan kelompok militan itu. 

Abu Sayyaf sebelumnya juga menyandera 14 sandera berkebangsaan Indonesia.  Sepuluh orang warga negara Indonesia (WNI) yang disandera oleh kelompok Abu Sayyaf sudah berhasil dibebaskan melalui proses negosiasi. Pemerintah kini fokus membebaskan empat sandera WNI lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement