Sabtu 07 May 2016 08:21 WIB

Tarik Tambang Meriahkan IndoFair di QUT

Beberapa mahasiswa ambil bagian kegiatan tarik tambang.
Foto: PPIA QUT
Beberapa mahasiswa ambil bagian kegiatan tarik tambang.

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Permainan tradisional seperti congklak, tarik tambang dan penampilan koor anak-anak asal Indonesia memeriahkan IndoFair 2016 yang diselenggarakan di kampus Queensland University of Technology (QUT) di Brisbane, Selasa (3/5).

Meskipun diprediksikan akan hujan pada hari diadakannya IndoFair 2016, namun para komite acara tetap bersemangat menyambut acara tersebut yang berjalan tanpa insiden. 

Kerja keras untuk persiapan acara telah terbayar dengan banyaknya pengunjung yang datang meramaikan A Block Lawn of Queensland University of Technology (QUT) – Kelvin Grove Campus.

IndoFair adalah Festival Indonesia tahunan yang diselanggarakan oleh Indonesian Student Association of QUT (ISAQ) dimana tahun ini bertemakan "Archipelanesia" untuk menonjolkan atmosfir kepulauan Indonesia.

Para mahasiswa melambaikan bendera Indonesia di acara IndoFair 2016. (Foto: PPIA QUT)

Para mahasiswa melambaikan bendera Indonesia di acara IndoFair 2016. (Foto: PPIA QUT)

Menurut keterangan yang diterima oleh ABC Australia Plus Indonesia, pengunjung dapat belajar tentang keragaman pulau Indonesia melewati papan-papan yang bergambar serta berdeskripsikan tentang setiap pulaunya yang terpajang menyebar di lokasi acara.

Kecantikan Indonesia juga diperlihatkan melalui penampilan paduan suara anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu Indonesia, musik tradisional yaitu rindik, tarian tradisional seperti tari puspanjali dan tari Bali, dan juga diakhiri dengan menari poco-poco bersama dimana semua pengunjung dan komite ikut bergabung dan masing-masing diberi bendera Indonesia untuk sambil dilambaikan.

Mereka ini tampil dengan kostum tradisional Indonesia, dan kain batik juga kita pakai sebagai bahan untuk mendekorasi stall dan juga sebagai motif bingkai foto berjalan untuk IndoFair tahun ini.

IndoFair adalah festival Indonesia tahunan yang didukung QUT Student Engagement. Setiap tahun Indonesian Student Association of QUT (ISAQ) diberi kesempatan untuk menyajikan tema yang berbeda dalam penyelenggaraan Indo Fair yang didanai sepenuhnya oleh QUT ini. Hal ini dikarenakan kegiatan yang bertajuk Indonesia ini memang ditujukan untuk mempopulerkan budaya Indonesia di dalam komunitas internasional yang ada di QUT.

Bantuan dan dukungan yang diberikan QUT Student Engagement tersebut merupakan bentuk komitmen QUT untuk menghidupkan semangat para mahasiswanya untuk saling berbagi dan bertukar pengetahuan tentang budaya di negaranya,

Indo Fair 2016 ini khusus menampilkan penampilan paduan suara dan tari tradisional dari anak-anak usia TK dan SD, yaitu putra dan putri dari para pelajar/mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di universitas-universitas di Brisbane. 

Berdekatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional penampilan paduan suara dan tari tradisional dari anak-anak tersebut dilakukan demi menjaga kelestarian pendidikan kebudayaan sejak usia dini. Hal ini dikarenakan banyak  yang kurang terbiasa berbahasa Indonesia dalam kesehariannya di Brisbane dan juga kurang pengetahuannya tentang budaya Indonesia. 

Anak-anak dari keluarga Indonesia di Brisbane menyanyikan lagu-lagu Indonesia.(Foto: PPIA QUT)

Anak-anak dari keluarga Indonesia di Brisbane menyanyikan lagu-lagu Indonesia.(Foto: PPIA QUT)

Selain memperlihatkan Indonesia melalui kepulauan dan pertunjukan, IndoFair 2016 juga menyediakan permainan tradisional seperti congklak, karet, dan tarik tambang sebagai permainan yang ditonjolkan dimana pengunjung bisa membentuk tim dan bertanding.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-05-06/tarik-tambang-meriahkan-indofair-di-qut/1577760
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement